Wisata Tebing Jogja Breksi

Ingin liburan yang berbeda saat di Jogja? Coba arahkan tujuan ke Tebing Breksi. Spot wisata yang satu ini adalah alternatif berlibur yang dapat dinikmati para pelancong berupa rangkaian tebing menjulang tinggi yang tersusun dari material kapur. Kawasan yang satu ini pada mulanya hanyalah sebuah tempat penambangan batu breksi tradisional yang dilakukan masyarakat setempat. Para penambang mengambilnya untuk dibuat aneka benda pahatan dan juga bahan bangunan.

Lokasi Tebing Breksi Jogja – Kreatifitas dari masyarakat Indonesia memanglah pantas dicontoh. Kita bisa melihat di berbagai daerah yang ada di indonesia. Selalu ada tempat tempat yang tadinya terlihat biasa saja bahkan tidak terlihat menarik. Akan tetapi dengan kreatifitas masyarakat akhirnya terbentuk tempat wisata yang sangat indah dan menarik.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh warga di Jogja yang bertepat di masyarakat Sambirejo Prambanan, kabupaten Sleman. Warga yang sangat kreatif mengubah bekas tambang batu alam yang awalnya tidak menarik jadi salah satu obyek wisata yang sedang hits pasa saat ini. Tempat wisata ini disebut dengan tebing Breksi Jogja. Untuk anda yang ingin mencoba mengunjungi tempat ini, berikut ini lokasi dan rute tebing breksi Jogja.

Area bekas tambang batu alam tradisional yang kemudian disulap masyarakat setempat menjadi tujuan wisata yang unik itulah gambaran sejarah Tebing Breksi di Sleman Yogyakarta. Membahas wisata terbaru, Tebing Breksi adalah salah satu dari beberapa pilihan destinasi liburan unik dan penuh tantangan tersendiri. Semula Tebing Breksi bukan sebuah tujuan wisata, namun hanya tempat menambang batu kapur untuk digunakan sebagai bahan bangunan.

Akan tetapi semenjak tahun 2014, pemerintah setempat melarang aktifitas penambangan tradisional tersebut sebab dinyatakan sebagai area yang dilindungi. Ketentuan tersebut tak lepas dari ditemukannya situs gunung api purba Nglanggeran yang kini sedang dalam penelitian para ahli. Menurut penelitian yang dilakukan ternyata batuan yang terdapat di lokasi tersebut memiliki kesamaan dengan kandungan mineral abu vulkanik gunung Api Purba Nglanggeran. Sehingga bisa disimpulkan jika batuan di Tebing Breksi adalah hasil aktivitas vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran jutaan tahun lalu. Oleh karena itu selanjutnya pemerintah mengeluarkan keputusan yang menyatakan jika wilayah tersebut menjadi kawasan cagar budaya yang mesti dijaga.

Masyarakat sekitar yang kehilangan mata pencaharian lalu melakukan sesuatu yang berbeda. Melihat topografi tebing yang khas dengan corak tersendiri, masyarakat mencoba membuatnya menjadi sesuatu yang berharga. Setelah dilakukan pemugaran yang diwujudkan dalam seni pahat maka tercipta bentuk seperti sekarang ini. Berbagai pahatan di dinding Tebing Breksi membuat gambar naga, wayang, hingga karikatur yang sangat indah. Di kompleks Tebing Breksi ini pun dibuat sebuah panggung pertunjukan dengan bangku-bangku dibuat dari batuan yang ada di situ.

Lokasi dan Rute Tebing Breksi

Tebing Breksi berada di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, tepatnya di Kabupaten Sleman, DIY. Jaraknya kurang lebih 1 kilometer sebelum wisata Candi Ijo jika dari jalan Prambanan – Piyungan. Tebing Breksi ini masuk pada cakupan kawasan wisata herritage Candi Ijo. Sehingga, jika anda semua berkunjung ke Candi Ijo lewat sebelah barat, maka tentunya akan melewati Tebing Breksi ini.

Jika anda telah mengetahui rute menuju Candi Ijo, tentu bisa dengan mudah menemukan rute menuju Tebing Breksi. Akan tetapi untuk anda yang belum tahu, anda bisa menuju ke tempat wisata Candi Prambanan. Selanjutnya menuju ke selatan tepatnya ke arah Candi Rato Boko, ikuti jalur hingga menjumpai petunjuk arah ke Candi Ijo. Anda hanya tinggal mengikuti rute itu. Apabila masih merasa bingung, berikut ini lokasi Tebing Breksi di Google Maps.

Mungkin Anda Menyukai