Taman Nasional Wakatobi

Wakatobi salah satu taman laut Nasional yang sudah menjadi perbincangan para Travelers. Kawasan laut ini menjadi Taman Nasional pada 2002, dengan total area 1,39 juta ha. Keindahan dan kekayaan kawasan Taman Nasional Wakatobi sebenarnya sudah terkenal di mancanegara, terutama setelah Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995 yang menyebutkan bahwa kawasan di Sulawesi Tenggara ini sangat kaya akan spesies koral.

Taman Nasional Wakatobi

 

Taman Nasional Laut meliputi seluruh Waktobi District, itu terdiri dari total 1,4 juta hektar, dimana 900.000 hektar yang dihiasi dengan berbeda, spesies berwarna-warni terumbu karang tropis. Untuk Wakatobi secara luas diakui sebagai memiliki jumlah tertinggi spesies karang dan ikan di dunia. Pulau-pulau yang juga terkenal sebagai karang terbesar di Indonesia, kedua setelah Great Barrier Reef di Australia. Di sini dapat ditemukan fringing, atol dan terumbu penghalang dan menawarkan lebih dari 50 lokasi penyelaman yang spektakuler mudah diakses dari pulau besar. Ini adalah habitat spesies ikan besar dan kecil, taman bermain lumba-lumba, kura-kura dan bahkan ikan paus.

Taman Nasional Wakatobi

Disebutkan, di Taman Nasional Wakatobi terdapat 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia. Konfigurasi kedalamannya bervariasi mulai dari datar sampai melandai ke laut dan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertubir curam. Bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter.

Terletak tepat di jantung Segitiga Terumbu Karang Asia-Pasifik, di provinsi Sulawesi Tenggara, Kepulauan Wakatobi menawarkan air jernih yang masih asli dan kehidupan bawah laut yang kaya, merupakan surga untuk penyelam, karena ini adalah salah satu dari 3 jantung di Dunia Coral Triangle yang membentang dari Kepulauan Solomon di Pasifik ke Wakatobi, dan Utara ke Filipina.

Rute ke Wakatobi

Express Air adalah satu-satunya maskapai penerbangan reguler yang terbang dari Jakarta ke Bau-Bau, Sulawesi Tenggara, dan terus mendarat di Bandara Matohara Wakatobi di Wangi-Wangi. Maskapai lainnya yang terbang ke Bau-Bau dari Jakarta, Bali atau Surabaya adalah Garuda Indonesia, Lion Air, Batavia Air dan Sriwijaya Airline. Dari sini Anda harus naik perahu ke Wakatobi.

Mungkin Anda Menyukai