Taman Nasional Karimunjawa

Merupakan yang berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah terletak 80 km barat laut Jepara, Jawa Tengah di Laut Jawa. Taman nasional secara resmi dinyatakan sebagai Kawasan Perlindungan Laut pada tahun 2001. Berdasarkan mitos lokal yang populer, kepulauan ini ditemukan oleh Sunan Nyamplungan, keponakan Sunan Kudus yang merupakan salah satu dari Wali Sanga.

Taman Nasional Karimunjawa

Karimun Jawa juga merupakan objek wisata populer untuk pantai berpasir putih, terumbu karang murni, trek menantang melalui perbukitan, ziarah ke Makam Sunan Nyamplungan, dan adat istiadat dan tradisi masyarakat Karimun java. Banyak peneliti tertarik pada keanekaragaman hayati laut dan hutan murni serta keunikan kepulauan Karimunjawa. Karimunjawa memiliki lima jenis ekosistem: terumbu karang, lamun dan rumput laut, hutan bakau, hutan pantai dan hutan hujan tropis dataran rendah.

Objek wisata karimun jawa menjangan Kecil, Menjangan Besar, Tanjung Gelam, Legon Lele, Genting, Kembar, Parang, Cemara dan Krakal Islands adalah tujuan wisata bahari yang populer (berlayar, berselancar, ski air, berenang, pantai pasir putih, menyelam), berkemah, kunjungan budaya, rusa dan pengamatan burung. Kepulauan Bengkoang dan Kemujan adalah situs berkemah dan situs untuk kapal Panama Indono wreck diving. Bukit Bukit Bendera, Bukit Gajah dan Legon Goprak digunakan sebagai pelacakan dan wisata kelautan.

Taman Nasional Karimunjawa

Ada banyak homestay atau rumah tamu di Karimunjawa. Jikan anda berangkat dari Semarang. Perjalanan ke Jepara akan kita mulai dari Terminal Terboyo dengan naik bus jurusan Semarang – Jepara. Tarifnya tidak terlalu mahal yakni Rp. 20.000. Bus Semarang – Jepara beroperasi dari jam 5 pagi sampai jam 7 malam dan perjalanan akan menempuh 2 jam perjalanan. Setelah turun di terminal Jepara tujuan berikutnya adalah Pelabuhan Kartini. Jarak terminal ke Pelabuhan Kartini tidak terlalu jauh, hanya sekitar 15 menit jalan kaki. Dari Pelabuhan Kartini kita tinggal menunggu kapal untuk menyebrang ke Karimunjawa.

Dari Jepara anda naik Feri yang akan membawa anda ke Karimunjawa adalah KMP Siginjai dengan tarif sekitar Rp 59.000 untuk kelas ekonomi serta Rp 96.000 untuk kelas VIP. Feri ini berangkat dua hari sekali dari Pelabuhan Kartini. Lama perjalannya sekitar 4 jam. Agar memudahkan anda bepergian ke Karimun Jawa anda harus mengetahui jadwal operasional Feri atau bisa menyewa kapal atau perahu nelayan dengan harga sedikit lebih mahal (tergantung nego).

Mungkin Anda Menyukai