Taman Nasional Bunaken

Taman laut Bunaken terletak di Sulawesi Utara, merupakan taman laut yang mewakili ekosistem laut yang ada di Indonesia meliputi padang rumput laut, terumbu karang dan ekosistem pantai. Taman Nasional laut ini didirikan pada tahun 1991 dan meliputi wilayah seluas 890.65 km². 97% dari taman nasional ini merupakan habitat laut, sementara 3% sisanya merupakan daratan, meliputi lima pulau: Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.

Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken memiliki terumbu karang yang sangat kaya. terdapat sekitar 390 spesies terumbu karang di wilayah ini. Taman nasional Bunaken juga memiliki berbagai spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska dan mangrove. Sekitar 90 spesies ikan tinggal di perairan ini.

Pada tahun 2005, Indonesia mendaftarkan taman nasional ini kepada UNESCO untuk dimasukan kedalam Situs Warisan Dunia. Meskipun memiliki status taman nasional dan mendapat pendanaan yang cukup, taman ini mengalami degradasi kecil akibat penambangan terumbu karang, kerusakan akibat jangkar, penggunaan bom dan sianida dalam menangkap ikan, kegiatan menyelam dan sampah.

Pariwisata di wilayah ini terus dikembangkan. Antara tahun 2003 hingga 2006, jumlah pengunjung di Taman Nasional Bunaken mencapai 32.000 hingga 39.000 jiwa, dengan 8-10.000 di antaranya merupakan turis asing.

Taman Nasional Bunaken

Untuk mencapai ke lokasi Taman Nasional Bunaken sangat muda. Jika Anda lakukan perjalanan lewat hawa, Anda dapat segera transit di Bandar Hawa Internasional Sam Ratulangi yang ada di Kota Manado. Lalu dari Bandara Sam Ratulangi perjalanan Anda dilanjutkan ke Kota Manado dengan memakai transportasi taksi, dari Kota Manado ke Pulau Bunaken sendiri, perjalanan dilanjutkan melalui pelabuhan yang ada Manado menuju Marina Blue Banter serta Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas, saat yang ditempuh lebih kurang sekitaran 30 menit. setelah tiba di Marina Blue Banter masihlah dibutuhkan 10 hingga 15 menit perjalanan dengan memakai kapal pesiar menuju ke tempat penyelaman, semantara jika Anda melalui Marina Nusantara Diving Centre (NDC) memerlukan saat 20 menit.

Mungkin Anda Menyukai