Taman Nasional Alas Purwo

Alas Purwo salah satu taman Nasional yang berada di Pulau Jawa, Taman Nasional yang berada di Propinsi Jawa Timur memiliki luas 43.420 hektar dengan ketinggian 322 mdpl.

Taman ini merupakan hutan hujan alami yang masih alami yang berada di pulau Jawa dan Alas Purwo terbagi menjadi empat zona yaitu : zona penyangga, zona pemanfaatan, zona rimba dan zona inti. Terdapat 580 jenis flora dan 50 fauna di seluruh taman Nasional ini.

Selain itu Taman Nasional ini mempunyai sekitar enam ekosistem, yaitu padang rumput, hutan pantai, hutan mangrove, hutan bambu, hutan alam dan hutan tanaman. Bagi anda yang ingin menikmati wisata ekologi Taman nasional ini akan menjadi tujuan terbaik anda.

Di Taman Nasional Alas Purwo anda akan bisa menikmati beberapa satwa asli pulau jawa bebas di berkeliaran di pinggir jalan yang ada di taman ini. Beberapa jenis mamalia yang ada seperti monyet ekor panjang, babi hutan, garangan, kucing hutan, banteng, burung merak, luwak rusa dan beberapa jenis penyu.

Tempat-tempat yang menarik di Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo

Pantai Triangulasi

Pantai Triangulasi hanya berjarak 3 km dari Pura Giri Seloka. Pantai ini terbilang masih alami dengan pantai berpasir putih dan hutan pantai yang didominasi oleh pohon bogem dan nyamplung. Sunset di pantai ini sangat cantik, sehingga banyak wisatawan berkunjung kemari untuk berfoto. Anda tidak diperbolehkan berenang di pantai ini karena sangat berbahaya.

Taman Nasional Alas Purwo

Sadengan

Sadengan merupakan padang savana yang berjarak hanya 2 km dari pintu masuk Taman Nasional Alas Purwo. Sadengan memiliki luas 84 hektar, di mana Anda akan disuguhi pemandangan ala Afrika. Anda tidak diperkenankan untuk memasuki padang savana tanpa pemandu. Anda bisa menikmati Savana ini dan hewan-hewan yang ada di Savana ini lewat Menara pandang yang dibangun khusus untuk mengamati kehisupan satwa liar yang ada di dalam dan disekitar Savana.

Pantai Pancur

Pantai Pancur berlokasi di dekat Pos pancur. Pos Pancur sendiri merupakan pemberhentian terakhir Taman Nasional Alas Purwo bagi wisatawan yang ingin menuju Pantai G Land. Pantai berpasir putih ini memiliki muara air tawar, yang diyakini oleh masyarakat setempat berkhasiat untuk membuat awet muda. Pantai ini aman untuk digunakan bermain bersama putra-putri tercinta.

Gua

Taman Nasional Alas Purwo

Ada tiga gua yang terdapat di dalam Taman Nasional  Alas Purwo ini, yaitu Gua Istana, Gua Mayangkoro, dan Gua Padepokan. Salah satu gua yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Gua Istana. Lokasinya dekat dengan Pos Pancur. Sedangkan Gua Mayangkoro, dan Gua Padepokan merupakan gua yang terbilang keramat dan sering digunakan untuk semedi.

Taman Nasional Alas Purwo

Pura Giri Seloka dan Situs Kawitan

Selain pemandangan flora dan fauna, ternyata di dalam Taman Nasional  Alas Purwo ini juga terdapat Situs Kawitan, yang merupakan situs peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Setiap tahunnya, situs ini digunakan untuk kegiatan keagamaan sejak tahun 1968.

Taman Nasional Alas Purwo

Hutan Mangrove Bedul

Hutan ini merupakan hutan koservasi mangrove seluas 1.200 hektare dan membentang sejauh 18 km.

Bagi Anda yang berasal dari Surabaya bisa menempuh rute Surabaya – Jember yang memakan waktu tempuh sekitar 4 sampai 5 jam. Dari arah Jember, lakukan perjalanan menuju Kecamatan Genteng yang berjarak sekitar 65 km, kemudian lanjutkan perjalanan menuju Jajag – Srono – Muncar – Tegaldilmo. Selanjutnya Anda akan sampai di Alas Purwo.

Bagi anda yang ingin ke Taman Nasional Alas Purwo bisa mengambi rute dari Banyuwangi-kecamatan Rogojampi-Srono-muncar-Tegal Dlimo. dari Tegal Dlimo anda akan menempu perjalanan sejauh 10 km dan menemukan Pos Perhutani Nasional Alas Purwo yang merupakan gerbang masuk ke kawasan tersebut. Di sarankan apabila menuju ke TNAP (Taman Nasional Alas Purwo) untuk menggunakan kendaraan pribadi karena kendaraan tidak mempunyai akses ke TNAP.

Mungkin Anda Menyukai