Pusentasi

Pusentasi

Pusentasi – Salah satu objek wisata paling populer di Sulawesi Tengah adalah Pusentasi, merupakan pantai pusat laut yang diberi nama menggunakan bahasa Kaili, Sulawesi Tengah. Dalam bahasa Kaili, kata ‘Pusat’ berarti ‘Pusen’ sedangkan laut berarti ‘Tasi’.

Obyek wisata pantai ini, terletak persis di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala. Jika ditempuh darat menggunakan kendaraan bermotor, seperti sepeda motor dan mobil dari Banawa ibu kota Kabupaten Donggala hanya berjarak 12 kilo meter. Sedangkan jika ditempuh dari Palu ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, dengan kendaraan pribadi hanya berjarak 46 kilo meter, dengan durasi waktu yang anda perlukan tidak kurang dari 45 menit perjalanan.

Sink hole atau tanah ambles inilah yang menjadi daya tarik utama Pusentasi. Sebuah lubang besar menganga mirip kolam yang terisi air laut yang konon terdapat terowongan yang menghubungkan lubang ini ke laut. Banyak juga yang menyebut sink hole ini sebagai sumur laut. Panasnya cuaca khas pesisir sembari melihat birunya sumur laut seakan menyihir kita untuk segera loncat ke dalam lubang raksasa ini. Byurrr… Jangan khawatir, disediakan tangga untuk menuju ke daratan lagi kok bagi pengunjung yang ingin berenang di lubang ini.

Pusentasi

Untuk mengunjungi Pantai Pusat Laut alias Pusentasi kamu hanya perlu merogoh kocek seharga Rp 5 ribu untuk anak-anak, Rp 10 ribu untuk dewasa, dan Rp 15 ribu untuk wisatawan asing.

Pengenaan harga tiket masuk ini hanya berlaku di hari Minggu dan libur hari besar keagamaan, selebihnya pengunjung dapat memasuki Pusentasi dengan besaran tiket Rp 2.500 saja.

Selain itu Objek wisata satu ini, dipercaya oleh masyarakat setempat mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit, terutama penyakit kulit. Masyarakat yang datang tidak hanya datang untuk menikmati objek wisata ini saja, namun juga bisa membawa pulang airnya yang dipercaya berkhasiat tersebut…Jadi bagi para Traveller yang berkunjung ke Sulawesi Tengah salah satu yang kami rekomendasikan…mampir sejenak dan menikmati budaya lokal masyarahat setempat.

Mungkin Anda Menyukai