Pulau Sempu

Pulau Sempu

Pulau Sempu –┬áSalah satu pulau yang berada di daearah Malang Jawa Timur. Kawasan ini sempat dibandingkan dengan tempat wisata Phi Phi Tahiland dan digadang-gadang lebih indah dari pada Phi Phi thailand. Pulau yang terletak di Desa Tambak Rejo Desa, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang tersebut semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Pulau Sempu memiliki laguna jernih nan cantik dan pasir putih yang siap menyihir pandangan mata para wisatawan.

Namun Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur melarang kegiatan wisata di Pulau Sempu. Pelarangan itu tertulis dalam surat edaran bernomor SE.02/k.2/BIDTEK.2/KSA/9/2017 tentang Larangan Aktivitas Wisata ke Cagar Alam Pulau Sempu yang diunggah di website Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur.

Pulau Sempu

Potensi Kawasan sebagai Cagar Alam

Jenis satwa liar yang terdapat di kawasan Cagar Alam Pulau Sempu yaitu lutung jawa (Tracypithecus auratus), kera hitam (Presbitis cristata pyrrha), kera abu-abu (Macaca fascicularis), babi hutan (Sus sp), kijang (Muntiacus muntjak), kancil (Tragulus javanicus), raja udang (Alcedo athis), ikan belodok (Periopthalmus sp), kepiting (Ocypoda stimsoni), dan kelomang (Dardanus arropsor), kupu-kupu (Sastragala sp) dan semut (Hymenoptera).

Sementara juga terdapat beberapa tipe ekosistem, mulai dari hutan pantai, mangrove, dan hutan tropis dataran rendah yang hampir mendominasi keseluruhan area pulau. Vegetasi yang dapat ditemui seperti (Artocarpus elasticus), triwulan (Terminalia), wadang (Pterocarpus javanicus), dan Buchanania arborescens, Baringtonia raceunosa, nyamplung (Calophylum inophylum), ketapang (Terminalia catappa), waru laut (Hibiscus tiliaceus) dan pandan (Pandanus tectorius).

Namun bagi anda yang penasaran dengan pulau sempu, masih bisa untuk menikmati pemandangan indah di pulau ini. Jika berkunjung memang sedikit sulit karena harus memperoleh ijin dari BKSDA dan izin ini pun sangat ketat. Apabila ada sudah memperoleh ijin, sebaiknya ada menjaga lingkungan di pulau sempu ketika berkunjung kesana.