Pulau Banda

pulau banda

Pulau Banda

Pulau Banda merupakan salah satu pulau yang berada di kepulauan Maluku. Mungkin banyak uang belum tahu bahwa pulau Banda memiliki sejarah tentang keberadaan penjajah di Indonesia, pulau ini juga pernah menjadi tempat pengasingan bagi salah satu proklamator kemerdekaan Indonesia yaitu Bung Hatta.

Pada jaman penjajahan dulu pulau ini menjadi salah satu pulau yang sangat terkenal di dunia, karena pulau Banda adalah satu-satunya pulau penghasil rempah-rempah terbaik di dunia pada saat itu.
Pulau Banda merupakan pulau vulkanis yang berada di laut Banda menjadikan pulau ini memberikan pemandangan yang indah baik di darat maupun di dalam lautnya. karena merupakan pulau vulkanis memberikan ekosistem dalam laut yang sangat indah buat para pencinta Scuba dan snorkeling.
Hampir semua tempat penyelaman di Pulau Banda memiliki pesona dan keanekaragaman alam bawah laut yang tidak mungkin anda temukan di tempat lain. Di sini mata anda akan benar-benar akan di manjakan oleh keindahan bawah laut yang tersembunyi di sini berupa terumbu karang warna-warni dan soft coral yang sehat ditambah dengan ikan-ikan penghuni terumbu karang yang gembira menyambut anda.

pulau banda

Di daratan pulau Banda akan menemukan wisata sejarah berupa benteng Belgica dan rumah pengasingan dari pahlawan Proklamator Indonesia Bung Hatta yang masih terawat sampai dengan sekarang. Dari benteng Belgica kita akan melihat pemandangan yang sangat indah pulau Banda. selain itu juga ada pula Istana Mini Neira yang ternyata di bangun oleh Belanda sebelum Istana Merdeka yang berada di Jakarta.

Secara umum, suasana Kota Banda Neira terbilang sepi. Banda Neira mulai ramai ketika kapal Pelni berlabuh. Mendadak para pedagang memadati pasar siap menyambut para penumpang yang turun ke darat untuk membeli makanan dan oleh-oleh khas Banda. Bagi para pedagang, saat-saat seperti inilah yang ditunggu-tunggu. Jadi bagi anda yang membutuhkan suasana sepi dan tenang dalam menikmati liburan anda , pulau Banda mungkin bisa menjadi pilihan destinasi anda.

Bagi anda yang ingin menghabiskan liburan di pulau Banda, anda bisa menempuh jalur laut dan udara dari Ambon, di sini pun banyak tersedia penginapan buat para wisatawan yang ingin tinggal lebih lama di Pulau Banda.

Mungkin Anda Menyukai