Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah – salah objek wisata yang berada di kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini menjadi tujuan wisatawann lokal maupun mancanegara. Hali ini karenakan pemandangan yang indah, kebersihan dan ombak yang bagus untuk digunakan buat Surfing.

Nama Pulau Merah sebelumnya adalah Pantai Ringin Pitu. Pergantian namanya menjadi Pulau Merah didasari dua versi. Ada yang mengatakan karena warna tanah dan pasirnya yang kemerahan dari pulau setinggi 200 meter itu. Sebagian lagi menyebutkan, konon dari Pulau Merah yang ada di hadapan pantainya (sekitar 100 meter) itu dahulunya pernah terpancar cahaya merah sehingga warga sekitar menamainya Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah

Pantai pulau merah ini memiliki pasir putih yang terhampar luas sepanjang 3 KM. Dimana tidak jauh dari bibir pantai tersebut Terdapat bukit kecil yang sangat cantik setinggi 200 M. Di bagian timur, wisatawan disuguhi dengan pemandangan pegunungan. Sedangkan di bagian barat, wisatawan disuguhi dengan pemandangan sunset yang sangat indah.

Ketika laut suru, para pengunjung dapat mengunjungi pulau didepan pantai tersebut. Pada saat surut itu terlihat tanah merah menuju ke pulau. Selain itu bagi pencinta surfing, ombak di pantai ini bisa digunakan untuk para penggemar olah raga surfing. Suasana yang sejuk disekitar pantai disandingkan dengan jejeran pegunungan hijau.

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah yang termasuk bagian dari rangkaian pantai di selatan Jawa Timur bisa ditempuh dalam waktu tiga jam menggunakan kendaraan roda empat atau sepeda motor dari Kota Banyuwangi atau sekira 60 km. Lokasinya berada dekat dengan pemukiman penduduk di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Akses jalan ke tempat ini terbilang mulus sehingga menjadikannya tujuan wisata warga Banyuwangi.

Mungkin Anda Menyukai