Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis –┬áPantai Parangtritis berada di pesisir selatan Kota Yogyakarta ini termasuk destinasi Wisata di Bantul yang terkenal sampai mancanegara. dikarenakan lokasi pantainya yang cukup strategis, dan tidak terlalu jauh dari kota inilah membuat parangtritis lebih banyak pengunjung dibanding pantai lainnya.

Keindahan pantai Parangtritis berbeda dengan tempat wisata pantai lainnya. Dipantai ini wisatawan dilarang untuk mandi pantai karena arus dan ombak yang berbahaya. Selain itu Parangtritis mempunyai pemandangan unik yan tidak akan di temukan di pantai lain yaitu bukit-bukit pasir atau Gumuk yang ada disekitar pantai tersebut. Gumuk ini dikatakan sebagai satu-satunya gurun pasir di Asia Tenggara.

Pantai Parangtritis

Selain keindahan yang ada ada di pantai ini. Parangtritis terkenal karena mitos yang beredar di Masyarakat. Oleh masyarakat Jogya dan sekitarnya percaya jika Pantai Parangtritis adalah pintu gerbang Istana Kerajaan Laut Selatan merupakan bagian dari daerah kekuasaan Ratu Selatan yang dipimpin oleh Nyai Roro Kidul.

Selanjutnya, ada satu mitos pantai parangtritis yang telah berkembang bahkan sampai saat ini masih dipercaya dan dijaga. Yakni cerita tentang Nyai Roro Kidul yang amat menyukai benda-benda berwarna hijau. Selain itu pantai ini sangat berkaitan erat dengan Keraton Jogyakarta. Menurut sebuah sumber mengatakan bahwa jika kita menarik lurus di peta, antara Pantai dan keraton membentuk garis yang sejajar.

Pantai Parangtritis

Ada juga tempat dengan spot yang bagus yaitu terdapatnya Candi diatas bukit disebelah timur pantai dari situ kita bisa menikmati keindahan pantai Parangtritis dari ketinggian. Tunggulah sampai matahari akan tenggelam anda akan menyaksikan sunset yang indah dipantai ini.

Mungkin Anda Menyukai