Pantai Ora

Pantai Ora

Pantai Ora –¬†Banyak pantai indah yang berada di Indonesia, salah satunya adalah Pantai Ora. Pantai Ora berada di Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah.

Pesona yang menggoda dari pantai ini adalah kehidupan biota lautnya. Terumbu karang atau koral di pantai ini beraneka ragam dan berwarna warni begitu juga dengan ikannya. Karena airnya yang begitu jernih, koral dan ikan-ikan yang sedang berenang kian kemari bisa Kalian lihat langsung dari atas perahu

Pantai yang masih belum banyak terjamah oleh turis ini masih bisa dibilang perawan. Karena kondisinya yang begitu asri dengan pemandangan yang begitu indah dan tentunya masih sepi. Pantai ini sangat cocok untuk Kalian yang merindukan ketenangan dan kenyamanan dari hiruk pikuk ramainya kota.

Air laut yang hanya sedalam 1-2 meter itu sangat cocok untuk snorkeling. Keunggulan Pantai Ora adalah pasirnya yang putih bersih, air laut yang berwarna biru dan jernih, serta kekayaan terumbu karang dan biota lautnya. Eksotisme Pantai Ora yang belum banyak tersentuh tangan manusia ini merupakan potensi besar untuk dapat dikembangkan sebagai tempat wisata unggulan di Indonesia.

Pantai Ora

Selain snorkeling, masih banyak aktivitas lain yang dapat dilakukan di Pantai Ora. Berkunjung ke Taman Nasional Manusela yang terletak di belakang Ora Beach Resort, dapat menjadi salah satu opsi menarik. Di Taman Nasional Manusela ini terdapat sekitar 117 spesies burung, di mana 14 di antaranya merupakan spesies endemik, seperti nuri bayan, kasturi tengkuk-ungu, raja udang, dan kakatua Maluku

Dari kota Ambon, pintu menuju Pantai Ora adalah Pelabuhan Hulnara, Tuleho. Di pelabuhan yang lebih dikenal Pelabuhan Tuleho ini terdapat ferry dengan kapasitas penumpang 350 kursi menuju pelabuhan Amahai, pulau Seram dengan jadwal 2 (dua) kali pada setiap harinya. Tuleho – Amahai pukul 09.00 dan 16.00 Senin-Sabtu, sementara hari Minggu hanya satu kali perjalanan pukul 11.00. Untuk jadwal kembali Amahai – Tuleho, pukul 08.00 dan 14.00 Senin-Sabtu, sementara hari Minggu 15.00.

Dari pelabuhan Amahai hingga saat ini belum ada transportasi umum menuju pelabuhan Desa Saleman yang menghubungkan dengan Pantai Ora. Alternatif transportasi darat dari Pelabuhan Amahai menuju desa Saleman adalah melalui trans Seram (sewa kendaraan). Waktu tempuh perjalananan Amahai – Desa Saleman melalui Trans Seram sekitar 2,5 jam dengan menyusuri wilayah kota Masohi dan wilayah Teon, Nila dan Serua (TNS) serta melewati liku-liku jalur pegunungan yang indah dan wilayah Taman Nasional Manusela.

Selama liburan di pantai ini. Dan jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan Pantai Ora Maluku yang memukau. Abadikan semua momen indah anda selama mejelajahi dan menikmati keindahan yang diberikan oleh alam di Pantai Ora.

Mungkin Anda Menyukai