Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti – Jogyakarta merupakan salah satu daerah yang berada di Pulau Jawa yang mempunyai banyak sekali wisata pantai. Pantai ini sangat populer bagi masyarakat Jogya khusunya dan masyarakat Jawa tengah pada umumnya. Nama pantai ini diambil dari sebuah nama pemilik restoran yang cukup terkenal di lokasi terdekat pantai tersebut. Sebelumnya, restoran itu memang sudah sangat ramai pengunjung. Bermula dari papan nama “Indrayanti” yang terpasang di depan restoran sehingga orang-orang sendiri yang kemudian menyebut pantainya dengan nama Pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti

Letak pantainya yang di apit dengan batu karang raksasa yang terlihat mirip dengan Pantai Pelang, serta bukit-bukit seperti memberi batasan alami dari garis pantainya. Hal ini yang membuatnya unik dan tentu jarang kita jumpai pada pantai di daerah lain.

Lokasi pantai Indrayanti berada di area wisata panti di Gunung Kidul. Letaknya tidak berjauhan dengan tempat wisata pantai lainnya seperti pantai Pok Tunggal, pantai Sundak, ataupun pantai Krakal. Dari pusat kota Jogja, jaraknya kurang lebih 66 KM dengan waktu tempuh kesini sekitar 2 jam. Pantai Indrayanti tepatnya berada di wilayah desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul di wilayah DIY Yogyakarta.

Pantai Indrayanti

Jalan menuju Pantai indrayanti bisa melalui rute;

. Dari Jogja menuju ke jalan Wonosari (ringroad timur), lalu menuju ke arah Piyungan – Patuk – Wonosari – Karangrejek – Hargosari – Tepus. Dari tepus tinggal ikuti petunjuk jalan ke arah pantai.
. Rute alternatif lain yang bisa digunakan; via jalan Imogiri – Siluk – Panggang – Saptosari – Trowono – Baron. Dari pantai Baron lanjut ke arah timur kurang lebih 10 KM untuk sampai ke Indrayanti.

Berbeda dengan pantai lain yang ada di Indonesia, apabila anda berlibur ke Pantai Indrayanti janganlah membuang sampah sembarangan, sebab pihak pengelola dari pantai ini sangat ketat memberlakukan denda terhadap setiap pengunjung.

Harga tiket masuk Pantai Indrayanti, sudah termasuk biaya awal ketika pertama kali masuk gerbong pos Retribusi kawasan Pantai yaitu cukup dengan Rp. 10.000,-/orang. Dengan biaya ini, selain pantai indrayanti kamu juga dapat berkunjung ke pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, dan Pok Tunggal

Mungkin Anda Menyukai