Lembah Harau

Lembah Harau

Lembah Harau – Salah satu lembah yang indah di Indonesia adalah Lembah Harau. lembah harau merupakan sebuah ngarai yang terletak di dekat kota Payakumbuh kabupaten limapuluh koto, Provinsi Sumatera Barat. lembah yang diapit oleh dua bukit cadas dengan ketinggian 150 meter dan terletak 500-800 mdpl.

Di cagar alam dan suaka margasatwa Lembah Harau terdapat berbagai spesies tanaman hutan hujan tropis dataran tinggi yang dilindungi, plus sejumlah binatang langka asli Sumatera. Monyet ekor panjang (Macaca fascirulatis) merupakan hewan yang acap terlihat di kawasan ini. Kawasan Objek wisata Lembah Harau ini terdiri dari 3 (tiga) kawasan : Resort Aka Barayu, Resort Sarasah Bunta, dan Resort Rimbo Piobang . Pada resort Aka Barayun yang memiliki keindahan air terjun yang mempunyai kolam renang, yang memberikan nuansa alam yang asli juga berpotensi untuk pengembangan olahraga panjat tebing karena memiliki bukit batu yang terjal dan juga mempunyai lokasi yang bisa memantulkan suara (echo).

Lembah Harau

Saat berkunjung ke lembah ini kita akan menemukan banyak keindahan alam di sepanjang jalan. Dua bukit yang mengapit lembah ini sering kali dipergunakan bagi para pencinta alam untuk melakukan kegiatan panjat tebing. Selain itu dari atas kedua bukit itu kita akan menyaksikan pemandangan sawah dan rumah-rumah penduduk sekitar yang sangat menyatu dengan alam sekitarnya.

Tempat ini sudah lama menarik perhatian orang. Sebuah monumen peninggalan Belanda yang terletak di kaki air terjun Sarasah Bunta merupakan bukti bahwa Lembah Harau sudah sering dikunjungi orang sejak 1926. Pemandangan indah ini bisa dilihat di Lembah Harau, Keindahan masih bertebaran di dataran tingginya. Di sana ada cagar alam dan suaka margasatwa. Lembah Harau seluas 270,5 hektare/2.705kmĀ² . Tempat ini ditetapkan sebagai cagar alam sejak 10 Januari 1993.

Transportasi umum siap mengantarkan Anda yang datang melalui Bukittinggi. Menyewa minivan atau sepeda motor akan memastikan waktu berkunjung Anda di dataran tinggi Minangkabau lebih tepat. Melakukan perjalanan sejauh 44 kilometer ke arah Pekanbaru dan Riau maka anda akan menemukan salah satu lembah terindah di Indonesia.

Mungkin Anda Menyukai