Keindahan Alam Wisata Kerinci

Keindahan Alam Wisata kerinci –┬áKerinci yang terkenal dengan sebutan daerah Serambi Madinah ini, merupakan wilayah kabupaten paling barat di Provinsi Jambi, dianugerahi dengan keindahan alam yang tiada duanya. Tidak salah jika Kabupaten Kerinci diberi gelar Bumi Segepal Tanah dari Surga yang Tercampak ke Bumi. Beberapa Keindahan Alam yang bisa anda nikmati ketika berwisata kesini , antara lain :

  • Gunung Kerinci
    Image result for gunung kerinci wisata
    Gunung kerinci merupakan gunung tertinggi di Sumatra , gunung berapi tertinggi di Indonesia , dan puncak tertinggi di Indonesia diluar papua. Gunung ini terletak di provinsi jambi yang berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat , di pengunungan Bukit Barisan , dekat pantai barat , dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau Sumatera dan badak Sumatera.Puncak gunung ini berada pada ketinggian 3.805 meter diatas permukaan laut , di sini pengunjung dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah kota Jambi , Padang dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas.
  • Danau Gunung Tujuh
    Image result for danau gunung 7
    Danau Gunung tujuh merupakan danau yang terletak di kabupaten Kerinci. Tepatnya di Desa Pelompek , Kecamatan Ayu Aro , Jambi. Danau yang berada di kawasan Gunung Tujuh , sebuah gunung yang berada tepat di belakang gunung Kerinci. Gunung ini masih termasuk dalam wilayah Taman nasional Kerinci Seblat yang merupakan situs warisan dunia UNESCO. Bagi pendaki gunung , Kerinci mungkin menjadi tujuan utama karena gunung tersebut merupakan gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia , namun bagi wisatawan yang sekedar ingin sekedar menikmati keindahan alam Kabupaten kerinci , Danau Gunung Tujuh bisa menjadi pertimbangan sebagai tujuan wisata. Selain memiliki panorama alam yang menakjubkan , jalur yang dilalui juga jauh lebih mudah daripada Gunung Kerinci. Danau Gunung Tujuh juga merupakan salah satu Danau tertinggi di Indonesia , danau ini berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian hampir 2 kilometer di atas permukaan laut itu bisa dibayangkan betapa dinginnya air danau Gunung Tujuh di pagi hari. Meskipun begitu , berendam di Danau Gunung Tujuh dengan air yang sangat dingin menjadi tantangan sendiri bagi para pendaki.
  • Air Terjun Telun Berasap
    Image result for air terjun berasap
    Air Terjun telun berasap adalah salah satu dari begitu banyak air terjun yang terdapat di Kabupaten Kerinci. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter. Sumber air dari Air terjun Telun berasap adalah sungai – sungai yang berhulu disekitar Gunung Tujuh dan Sumber utama airnya adalah air Terjun gunung tujuh , yaitu air terjun yang mengalir dari bibir danau gunung tujuh yang terdapat di puncak gunung tujuh. Air terjun telun berasap terdapat di Telun berasap , Gunung Tujuh , Kerinci.
  • Danau Kaco
    Image result for danau kaco
    Danau Kaco memiliki keunikan yang khas yang jarang dimiliki oleh danau – danau lain yang ada di Indonesia. Keunikan tersebut seperti Danau Kaco dapat mengeluarkan cahaya yang terang , terutama pada saat bulan purnama. Jika wisatawan datang ke Danau Kaco pada saat bulan purnama maka para wisatawan tidak membutuhkan alat bantu penerangan karena air danau dapat mengeluarkan cahaya yang cukup terang. Jika dilihat dari kejauhan chaya yang dipancarkan oleh danau Kaco akan terlihat seperti lampu yang diarahkan kelangit.
  • Danau Kerinci
    Image result for danau kerinci
    Danau Kerinci merupakan sebuah danau yang terletak di Provinsi Jambi, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Kerinci. Danau ini memiliki luas wilayah 5000 meter persegi dengan memiliki ketinggian 783 meter di atas permukaan laut. Danau yang terletak di kaki Gunung Rayo ini merupakan Danau terbesar yang ada di Kabupaten Kerinci, Luasnya adalah 4.200 hektare. Danau ini terletak sekitar 16 kilometer di Selatan Kota Sungai Penuh. Danau ini berada di dua wilayah Kecamatan yaitu Kecamatan Keliling Danau dan Kecamatan Danau Kerinci. Danau Kerinci merupakan danau vulkanik yang memiliki kedalaman 110 meter. Danau Kerinci mempunyai pengaruh yang besar dalam memenuhi kebutuhan air di daerah sekitar kerinci baik untuk pertanianmaupun kebutuhan air minum masyarakat.
  • Air Terjun Talang Kemulun
    Image result for air terjun talang kemulun
    Kerinci Inspirasi (Red). Kerinci merupakan daerah paling barat provinsi Jambi dengan jarak lebih kurang 500 KM dan waktu tempuh lebih kurang 8 jam perjalan dari Kota Jambi. Kerinci merupakan daerah dataran tinggi yang memiliki banyak potensi objek wisata alam yang indah tersebar diberbagai tempat dalam wilayah Kabupaten maupun Kota dalam wilayah Alam Kerinci diantaranya adalah objek wisata Gunung Kerinci, Kebun Teh, Danau Kerinci, Danau Kaco, bukit Khayangan serta Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) renah kayu embun dan didaerah pegunungan banyak terdapat air terjun serta Goa.
  • Air Terjun Pancaro Rayo
    Image result for Air Terjun Pancaro Rayo
    Air Terjun Pancaro Rayo adalah salah satu Air Terjun tertinggi di Desa Koto Tuo Kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, yakni dengan ketinggian kurang lebih 150 meter. Air Terjun ini berada di pulau Tengah, lokasi nya pun cukup menantang yakni berada jauh di dalam hutan yang masih sangat Asri dan Alami. Daya tarik dari air terjun ini adalah hujan embun yang tercipta akibat dari ketinggiannya. Bahkan para pengunjung dapat merasakan embunnya di jarak kurang lebih 2 meter dari lokasi. Untuk dapat melihat ketinggian air terjunnya para pengunjung harus memutar kepala hingga 90 derajat ke atas.Bagi pengunjung yang merasa kehausan dan kehabisan air minum tidak perlu khawatir karena para pengunjung bisa langsung meminum air tersebut. Karena air terjun ini bersumber langsung dari mata air gunung Raya. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati kesegaran air nya dengan berenang di kolam dibawah air terjun Pancaro Rayo ini. Namun bagi para pengunjung yang tidak kuat dengan air yang dingin, sangat tidak dianjurkan mandi atau berenang di air terjun ini, karena air di air terjun ini sangat lah dingin. Untuk dapat menikmati semua keeksotikan air terjun Pancaro Rayo ini, para pengunjung harus menempuh perjalanan yang bisa dikatakan sanagat melelahkan.
  • Goa Kasah
    Image result for goa kasah kerinci
    Goa Kasah merupakan habitat kelelawar dari berbagai jenis burung. Gua ini terletak pada ketinggian 1.400 mdpl dengan ukuran ruang utama gua adalah 15m X 8m dan tinggi 15 m, kegiatan yang dapat dilakukan seperti photo hunting, camping dan pengamatan satwa. Dengan menempuh perjalanan lebih kurang 2 3 jam dari pinggir rawa bento. Gua Kasah ini dikenal oleh masyarakat setempat sebagai gua peninggalan sejarah. Bukti dari sejarah tersebut pada bagian dinding gua terdiri dari batu alam dengan motif hiasan /ukiran yang berbentuk piramid dan beberapa obsidian. Goa kasah merupakan goa yang ada di Kabupaten Kerinci, yang hingga saat ini masih menyimpan sejuta misteri, adalah Goa Kasah, yang berada di kawasan Desa Renah Kasah, Kecamatan Kayu Aro. Goa tersebut berada dalam kawasan TNKS, yang diduga dulunya menjadi tempat hunian manusia purba. Untuk sampai ke goa tersebut, melalui Desa Sungai Sampun, Kecamatan Kayu Aro. Sesampai di desa tersebut, perjalanan dilanjutkan dengan mengendarai sepeda motor selama 35 menit, melintasi Danau Bento, yang membentang luas hingga ke Desa Kasah.Di Desa Renah Kasah, perjalanan dilanjutkan berjalan kaki selama 35 menit, melintasi areal persawahan warga. Sepanjang perjalanan, pandangan mata akan disuguhi tanaman padi payo, beras khas Kerinci. Perjalanan berikutnya menelusuri perkebunan warga, dengan hamparan pucuk kulit manis yang bewarna merah. Beberapa menit menapaki jalan tersebut, Goa Kasah yang berada di tebing bukit, siap menanti pengunjung yang ingin memasukinya.Pintu masuk ke goa berupa celah kecil yang dari batu, yang hanya berukuran sekitar satu meter. Agar bisa sampai ke dalam goa, pengunjung harus merangkak, melewati celah yang sempit. Sebelum memasuki goa, pengunjung harus membawa alat penerangan, karena suasana di dalam goa gelap. Pengunjung, sebaiknya mengenakan alat pelindung kepala, dan sepatu yang tahan di semua medan.Goa kasah terdapat banyak jenis kelelawar,karna goa ini merupakan habitat kelelawar,ketika memasuki di dalam goa tersebut kita menemukan banyak kubangan atau kotoran kelelawar meskipun begitu kita akan takjub melihat ukiran2 zaman purba dulu,dan di ujung goa terdapat pintu yang berukuran yang tidak lebar sekitar sebesar badan orang dewasa.
  • Bukit Khayangan
    Image result for Bukit Kayangan kerinci
    Sebuah bukit yang merupakan rangkaian dari bukit barisan mengelilingi Kerinci dan merupakan salah satu objek wisata andalan di Kerinci. Lokasi Bukit Khayangan tepatnya di Desa Renah Kayu Embum, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi yang terletak di barisan bukit yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat dan berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut.

    Bukit Kayangan merupakan salah satu objek wisata yang menawarkan panorama alam yang indah. Melalui Puncak Bukit, wisatawan bisa melihat pemandangan yang luar biasa, bila cuaca cerah wisatawan dapat menyaksikan Kota Sungai Penuh, dan Danau Kerinci yang indah dari Puncak Bukit. Pemandangan indah yang ditawarkan Bukit Kayangan tidak hanya sewaktu cuaca itu sedang cerah namun pada saat cuaca sedang berkabut atau pun mendung bukit kayangan masih memberikan bentuk fenomena alam yang menabjubkan yaitu seolah-olah kita sedang berada di atas awan sebuah negeri kayangan. Melalui Puncak Bukit Kayangan ini pun kita bisa menyaksikan dan merekam keindahan mentari terbit.Banyak Wisatawan lokal yang berkunjung ke tempat ini karena aksesnya tidak jauh dari Kota Sungai Penuh, menempuh perjalanan sekitar ┬▒20 Menit dengan menggunakan kendaraan darat. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan seperti hunting (Foto – foto) maupun hanya menghabiskan waktu untuk menikmati pemandangan yang benar-benar memanjakan kita. Apalagi Bukit Khayangan sangat cocok sebagai tempat reunian, atau ajang berkumpul dengan keluarga saat liburan sambil makan bersama di bawah pohon-pohon maupun pondok yang telah disediakan.

  • Gunung Kunyit
    Image result for gunung kunyit
    Salah satu hutan yang berada dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat adalah Gunung Kunyit yang memiliki flora endemik, yaitu jenis Nepenthes inermis. Bukan hanya sebagai hutan, namun di Gunung Kunyit masih banyak satwa yang dilindungi yang terancam punah contohnya Harimau Sumatera. Disamping sebagai hutan lindung, menurut kepercayaan penduduk setempat Gunung Kunyit ini masih berbau mistis dan masih banyak menyimpan cerita rakyat yang hingga saat ini masih dipercayai oleh penduduk sekitarnya.Gunung Kunyit terletak di Desa Talang Kemuning Kabupaten Kerinci. Meskipun jarang dikunjungi namun sebenarnya tempat ini cocok untuk dijadikan sebagai surga para peneliti flora dan fauna maupun sebagai tempat kegiatan para Pecinta Alam.Untuk mencapai gunung ini, dari kota sungai penuh bisa menggunakan transportasi dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Pendakian ke gunung kunyit untuk menuju puncak memerlukan waktu sekitar 6 atau tujuh jam dari Desa Talang Kemuning.Beranjak dari sebuah desa yang tergolong nyaman dengan udara yang benar-benar sejuk, berjalan menelusuri desa dan pemukiman warga, butuh waktu 1,5 jam untuk memasuki pintu rimba yang merupakan batas dari TNKS dengan pemukiman warga. Tidak terlalu jauh, kita bisa mendengar suara siamang, burung-burung yang saling sahut menyahut di belantara hutan.Dalam perjalan menuju puncak hendaknya meningkatkan kewaspadaan karena gunung kunyit juga merupakan kawasan perlintasan harimau sumatera, yang bisa saja mengancam para pendaki.Sepanjang rute perjalanan kita bisa menemukan tumbuhan kantung semar, anggrek hutan, lumut-lumut hutan yang tumbuh di segala sesuatu, seperti pada pohon, bebatuan maupun ditanah dan pemandangan pohon-pohon yang menjulang tinggi.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.