Keindahan air terjun Kahatola

Keindahan air terjun Kahatola

Salah satu destinasi wisata yang mungkin sebagian dari kita belum mengatahui adalah air terjun Kahatola, berada di Pulau Halmahera Provinsi Maluku Utara. merupakan salah satu tempat tersembunyi dan masih sangat alami untuk dikunjungi.

Air terjun Kahatola terletak di teluk Nusa Kahatola yang di batasi oleh dinding batu terjal dimana air terjun langsung menuju ke perairan laut. Untuk mencapai kita harus menggunankan speedboat dan juga agak sulit karena kita akan berjalan pelan-pelan mengikuti alur laut yang tidak ditumbuhi oleh terumbu karang yang berada disepanjang lokasi tersebut.

Perjalanan menuju Air terjun ini memang memakan waktu yang cukup lama, namun sebanding dengan pemandangan yang di berikan alam Kahatola kepada kita, untuk mencapai tempat ini kita harus menyewa Speedboat dari pelabuhan Jailolo. waktu yang diperlukan untuk menempuh perjalanan kurang lbih 2 jam, namun apabila musim ombak dan ada gelombang besar perjalanan tersebut akan ditempuh 4 jam.

Keindahan air terjun Kahatola

Sesampainya di air terjun, pengunjung akan melihat kucuran air pada batu. Air Terjun Kahatola memang berbeda dengan air terjun lainnya. Menurut cerita yang beredar, air pada batu yang mengucur tersebut merupakan rembesan dari air tanah, tetesan embun, dan air hujan yang terkumpul di sebuah cekungan di atas tebing. Air tersebut kemudian jatuh sebagai air terjun yang mengucur sepanjang tahun. Akan tetapi, debit air menjadi lebih sedikit saat musim panas. Biasanya hanya mengucur di bagian tengah batu. Berbeda dengan saat musim hujan di mana air mengucur lebih deras. Air terjun Kahatola buka berasal dari aliran sungai, tetapi dari luberan air yang terkumpul di sebuah cekungan. Air tersebut, konon, berasal dari rembesan air tanah yang terkumpul dari air hujan dan tetesan-tetesan embun yang meresap ke dalam tanah dan humus di pulau ini.

Air terjun ini menjadi rekomendasi buat anda para travelers, karena untuk mendapatkan tempat wisata yang alami memang menbutuhkan waktu dan pada akhirnya akan terpuaskan dahaga anda ketika sudah mencapai tempat wisata tersebut. tempat ini membawa pengalaman seru dan indah yang akan membuat kita untuk kembali mengunjungi Air Terjun Kahatola.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.