Gunung Tercantik Di Indonesia , Gunung Rinjani

Gunung Rinjani –┬áLombok , siapa yang tidak kenal dengan kota yang terkenal akan wisata alamnya yang indah ini. Di kota ini terdapat salah satu gunung yang bisa dibilang merupakan gunung tercantik di Indonesia. Ya , Gunung Rinjani , dari kejauhan gunung ini berdiri dengan kokohnya. menjulang sepanjang setengah dari utara lombok , gunung rinjani memiliki ketinggian 3726 meter dan merupakan gunung berapi kedua di Indonesia.

Rinjani memiliki nilai spiritual bagi orang Hindu Bali dan suku sasak. bagi orang Bali , Rinjani adalah satu dari tiga gunung yang disucikan karena dianggap tempat tinggal para dewa , setelah Gunung Semeru dan Gunung Agung.

Jika kita mendekati pulau lombok , kita akan terpesona dengan keindahan gunung ini. Jika kita menuju kesini pada pagi hari , kita akan beruntung karena bisa melihat matahari terbit di atas kapal. Kita juga akan melewati tiga buah pulau Gili yang terkenal itu dari atas kapal. Disini , pesana keindahan dari kota yang identik dengan komodo ini sudah mulai terasa.

Sesudah kita sampai di Lombok , dan melengkapi logistik di pasar Aikmel , kita akan menuju Desa Sembalun menggunakan truk pasir. Desa sembalun adalah salah satu jalur masuk ke Taman Nasional Gunung Rinjani. Saat perjalanan ke Sembalun , kita sakan berhenti di Bukit Tiga dara untuk menikmati matahari terbenam.

Rinjani bisa dibilang dunia lain , bagaimana tidak sejak awal jika kita akan mendaki , kita akan disuguhi padang savana yang eksotis , hutan tropis yang mempesona , serta perbukitan yang luar biasa indah. Dari awal saja , ini sudah sangat indah. Ada baiknya kita sedikit memotong jalan lewat hutan karena saran penduduk sekitar karena bisa menghemat dua jam. Tetapi yang namanya savana , jarang sekali terdapat pohon , maka kita pun tidak berlama – lama di pos ini karena sengatan matahari , tidak heran banyak menyebut Gunung Rinjani dengan sebutan Gunung Pantai.

mendaki rinjani

Angin pada yang bertiup membuat ilalang – ilalang melambai bagai jutaan rajutan yang begitu indah. Ada eksotisme yang tidak terbantahkan disana. Kita akan beruntung jika kabut mulai turun dan sedikit sengatan matahari , karena jika tidak jarak pandang tidak akan jauh dan akan sangat panas. Sesaat sebelum matahari terbenam , kita akan sampai di pos tiga. Di tempat ini kita akan mendirikan tenda dan beristirahat untuk mempersiapkan pendakian keesokan harinya.

mendaki rinjani

Nama bukit ini adalah bukit penyiksaan , jika kita mendengar namanya akan terdengar mengerikan. Namun ini merupakan tempat yang akan kita lewati pada pendakian hari kedua. Perbukitan terjal ini memang membuat kita tersiksa karena tanjakan yang seakan tak pernah habis.

Disini kita sering menemukan puncak semua , dari kejauhan sperti puncak bukit tetapi sebenarnya bukit – bukit berikutnya masih tertutup kabur. Jalur alternatif adalah bukit penyesalan , tanjakannya relatif lebih landai tapi jarak tempuh lebih lama. Tapi di sepanjang perjalan kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat surreal. Sensasinya mirip berjalan di dunia khayal film science fiction.

Sesampainya di pos plawangan sembalun , awan sudah berada sejajar dengan kaki kita. Disini hawanya memang lain , sudah terasa benar – benar di alam liar , alam para petualang. Bahkan saat angin berhembus pun terdengar dengan jelas suaranya.

Plawangan Sembalun adalah pos terakhir sebelum puncah , dengan ketinggian sekitar 2700 meter diatas permukaan laut. Puncak rinjani berada di ketinggian 3726 meter diatas permukaan laut.

mendaki rinjani

Jika kita ingin menikmati keindahan dan mengambil foto sunrise di atas puncak Gunung Rinjani ini , kita harus sampai di puncak ketika masih subuh , maka semua keindahan yang kita dapat benar – benar terbayarkan akan rasa capek kita. Jalur untuk menuju puncak dari gunung ini adalah pasir , mirip dengan di semeru. Jalur ini sangat mengerikan , kiri – kanan langsung jurang mengaga lebar. Dari puncak gunung ini kita bisa melihat semua sisi pulau lombok , bahkan pulau bali dan sumba.

mendaki rinjani

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.