Goa Hawang

Goa Hawang

Goa Hawang

Tempat dengan pamandangan indah yang di Kepualaun Kei, Maluku Tenggara Provinsi Maluku. Kepulauan Kei selain terkenal dengan wisata pantai yang sangat indah dan dijuluki Sebagai The Hidden Paradise. memiliki satu tempat wisata dengan pemandangan alam yang sangat indah yaitu berupa Goa yang bernama Goa Hawang.

Mengunjungi objek wisata Goa Hawang, kata ‘hawang’ dalam bahasa setempat berarti ‘setan’ atau juga ‘hantu’. jadi kalau kita menyebut Goa Hawang berarti “Goa hantu”. Goa Hawang ini terletak di Desa Letvuan 15 km, yang menjadi tarik utama yang dimiliki adalah bebatuan stalagtit yang sangat menarik. disana anda juga bisa melihat bagaimana perwujudan dari dari batu kutukan yang dimitoskan oleh masyarakat sekitar. Selain itu yang paling pasti menjadi daya tarik dari tempat ini adalah air dalam kolam alami di dalam goa yang sangat teramat indah berwarna biru dan sangat jernih. Air tersebut ternyata berasal dari sumber air dalam tanah. Mata air bawah tanah ini oleh masyarakat disebut sebagai air bawah tanah Evu.

Goa Hawang

Mata air ini disebut mata air terbesar di Pulau Kei. karena besarnya ini, mata air Evu menyuplai air si sungai di dua goa yang berjarak 15 meter.

Menurut legenda setempat, bahwa seorang pria pergi berburu babi hutan bersama kedua ekor anjingnya tetapi babi hutan itu tiba-tiba menghilang ketika masuki gua. Karena lelah dan haus mengejar babi hutan, pria itu kemudian meminum air gua yang terasa sangat pahit pada saat itu. Marah dan kecewa akibat hal itu, sang pemburu melontarkan kata-kata kotor yang mengakibatkan dia bersama kedua anjingnya dikutuk dan berubah menjadi batu. Walau pun disebut dengan Goa hantu, namun para pengunjung diperbolehkan berenang di kolam yang berada didalam Goa ini. Anda juga bisa berselfi ria didalam air karena sangat jernih air yang berada di dalam goa.

Apabila anda berkunjung ke Goa Hawang tak perlu merogoh kocek dalam-dalanm ya, karena tarif masuk hanya dikenakan untuk kendaraan bukan hitungan per kepala Rp 20.000,-/mobil dan Rp 10.000,-/motor, bagaimana murah bukan, liburan tidak harus mahal kan.

Mungkin Anda Menyukai