Glass Beach / Pantai Kaca

Glass Beach – Jika berbicara tentang pantai , pasti yang terpikirkan di pikiran kita pantai merupakan tempat yang memiliki pemandangan indah dan berpasir putih atau hitam. Namun , di California ada satu pantai yang memiliki pasir yang berbentuk bebatuan kecil yang terbuat dari kaca. Nama pantai ini adalah pantai kaca atau glass beach. Pada awal abad ke – 20 , pantai seluas 150 ribu meter ini merupakan tempat pembuangan sampah di California , kota Fort Bragg. Mereka membuang sampah apapun ke pantai ini , termasuk kaca , peralatan dapur , hingga mobil bekas ada yang ditinggalkan begitu saja.

Bahkan , pemerintah kota setempat pernah menutup pantai ini karena sudah penuh dengan sampah. Pemerintah bahkan menutup untuk membersihkan sampah yang ada disana.

Namun dalam beberapa tahun , keajaiban terjadi di pantai ini. Ombak di sekitar pantai itu mengubah sampah gelas , bahkan penduduk setempat tidak ada yang percaya , dalam kurun waktu beberapa tahun sampah tersebut berubah menjadi bebatuan yang indah.

Bebatuannya pun berwarna – warni dan sangat indah. Oleh karena itu , Penduduk setempat mengubah nama pantai ini yang dulunya tempat sampah , menjadi Glass Beach atau pantai kaca. Pantai cantik ini berpasir kaca , namun bukan seperti kaca pada umumnya. Kaca di pantai ini tidak tajam sama sekali , melainkan pipih dan lembut. Apalagi berbentuk bebatuan dan berwarna warni menjadikan kaca ini sangat indah.

Bebatuannya berwarna warni antara lain putih , hitam , kuning , merah , hijau dan masih banyak warna lainnya. Bebatuan ini tidak hanya kita jumpai di tepi pantai , namun dalam permukaan air , kita juga dapat menemukan bebatuan ini.

Jika anda ingin melihat bagaimana indahnya pantai ini , kalian dapta langsung datang dan melihat betapa indahnya batu ini. Glass Beach adalah bagian dari Taman Nasional MacKerricher. Maka kalian dilarang keras untuk membawa pulang pasir / bebatuan yang seperti kaca tersebut.

Glass Beach memang punya pesona yang lebih indah dibanding pantai berpasir putih. Coba saja ketika kalian menggunjungi pantai ini. Ambil segenggaman pasirnya dan lihatlah batu berwarna tersebut. Batu ini lebih jelas terlihat pada siang hari. Pesona batu ini , seperti berasal dari negeri dongeng saja

Mungkin Anda Menyukai