Fenomena Aurora

Fenomena Aurora

Fenomena Aurora

Fenomena Aurora merupakan fenomena alam berupa pancaran cahaya yang menyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat interaksi medan magnetik pada planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari.

Di bumi, aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis (IPA /?’???? b??i’æl?s/), yang dinamai bersempena Dewi Fajar Rom, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Ini karena di Eropa, aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah Matahari akan terbit dari arah tersebut. Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April. Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa.Tapi kadang-kadang aurora muncul di puncak gunung di iklim tropis.

Hal pertama yang perlu diketahui dan mungkin semua sudah tahu adalah bahwa kebanyakan orang mengambil paket tur saat mau melihat aurora. Kenapa? Karena itu cara yang paling mudah. Kamu tidak usah repot memikirkan ini itu. Tinggal bayar biayanya dan mereka yang akan mengurus semuanya. Tapi satu hal yang mungkin tidak banyak diketahui adalah Aurora bisa dilihat hampir setiap hari di bulan-bulan yang gelap (winter) JIKA langitnya cerah. Kalau langitnya berawan, maka bayar tur pun tidak ada gunanya. Hal penting lainnya, dan mungkin membuat sulit kebanyakan orang adalah Aurora paling bagus dilihat jika jauh dari kota. Jadi tidak bisa hanya dengan terbang ke Tromso dan mencoba melihat dari balik jendela hotel, kamu cuma bisa lihat bayangannya (kecuali kamu amat sangat beruntung karena level auroranya sedang sangat kuat).

Menyewa mobil Hal pertama yang harus dilakukan di Norwegia adalah menyewa mobil. Kenapa? Karena jika punya kendaraan sendiri kamu bisa pergi ke kota kecil atau desa yang sepi untuk melihat Aurora. Bahkan bisa menginap di akomodasi yang jauh dari cahaya kota. Kami menyewa mobil dari Oslo dan mengendarai mobil menuju ke Arctic Cirle. Kami melihat Aurora di malam pertama road trip kami, tepatnya sebelum sampai Trondheim. Sebenarnya lebih murah sewa mobil dan menyetir ke Trondheim dibandingkan terbang ke sana. Jadi kalau kamu mau hemat biaya, sebaiknya sewa mobil dari Oslo. Atau kamu bisa juga terbang ke Trondheim kemudian sewa mobil di sana.

Kami menggunakan agen sewa mobil ini untuk mendapatkan harga bagus saat menyewa mobil. Kami bayar sekitar Rp. 400.000 per hari untuk mobil sewaan tersebut. Meskipun harga bensin di Norwegia cukup mahal, namun mobil kami ternyata sangat irit bahan bakar. Kami cuma menghabiskan 4.1L/100km. Almost nothing! Pastikan sewa mobil yang paling kecil supaya tidak boros bahan bakar.

Hal berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah di mana bisa melihat aurora di Norwegia. Memang bukannya tidak mungkin untuk bisa melihat aurora di Oslo ataupun Bergen, tapi kamu harus sangat beruntung karena di kedua kota tersebut terlalu banyak polusi cahaya. Semakin jauh ke utara, semakin besar kemungkinan kamu untuk bisa melihat aurora. Karena itulah banyak orang yang sengaja menghabiskan banyak uang untuk terbang ke Tromso, ambil akomodasi yang mahal dan tur yang juga mahal.

Tapi jika kamu mau menghemat biaya, kamu harus mencoba mencari aurora di daerah utara tanpa terbang. Kami menyaksikan aurora yang sangat kuat di sebuah daerah terpencil di sebelah selatan Trondheim. Kami pikir ini daerah paling selatan yang paling recommended jika kamu mau mencari aurora. Semakin ke selatan akan semakin berkurang kesempatannya untuk bisa melihat aurora. Latitude berperan penting dalam hal ini. (Selain langit cerah, tentunya).

Kapanpun di antara mid-September dan awal April adalah waktu yang terbaik karena di periode tersebut langitnya paling gelap. Namun perlu diingat juga bahwa di tengah musim dingin di Norwegia ada banyak salju sehingga kadang menambah kesulitan untuk bergerak jika ada badai salju. Kami melihat Aurora di awal April dan pengalaman tersebut sangat menakjubkan.

Sangat penting untuk selalu mengecek prakiraan aurora. Kami menggunakan beberapa website berikut untuk mendapat gambaran mengenai keadaan awan dan intensitas Aurora. Untuk pengalaman Aurora yang sangat bagus, perlu setidaknya level 3. Tapi biasanya kalau dapat level 2 juga sudah cukup bagus.

Pengalaman melihat aurora sangat dipengaruhi oleh lokasi tempat kita menginap. Tidak ada gunanya menginap di lokasi AirBnB di tengah kota Trondheim karena auroranya terdistraksi oleh cahaya kota. Selain itu juga agak sulit cari view point yang bagus tanpa bantuan informasi dari orang yang mengenal daerah tersebut. Jika memungkinkan, cari kabin di tengah hutan. Ada beberapa pilihan di AirBnB. Kami memilih kabin yang ini. It was amazing.

Kami tinggal keluar kabin saja sekitar jam 10 malam dan langit di sekeliling kami diterangi oleh cahaya kehijauan aurora yang cantik. Kami sudah pernah melihat aurora di Iceland, namun ini tidak membuat pengalaman melihat aurora di Norwegia jadi kurang spesial. Bahkan sejujurnya pengalaman aurora di Norwegia lebih magical karena lokasi kami di tengah hutan yang mendukung fenomena alam ini. Kami menyarankan kamu cari kabin yang terpencil (jauh dari cahaya kota) dan kalau ada waktu 3 malam pindah-pindahlah ke lokasi AirBnB yang berbeda-beda untuk mendapatkan pengalaman aurora yang terbaik. Tentunya semakin lama kamu tinggal di daerah tersebut, semakin besar kesempatan kamu untuk bisa melihat aurora.

Mungkin Anda Menyukai