Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo salah satu desa yang berada di Flores yang menjadi perbincangan dunia karena memiliki pemandangan yang indah. desa ini merupakan desa Adat yang sangat menjunjung tinggi adat istiadat mereka. Desa Wae Rebo terletak di Kabupaten Manggarai, Flores Nusa Tenggara Timur, desa ini berada di ketinggian 1.200 mdpl, Wae Rebo merupakan bagian dari Desa satar Lenda, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai Barat.

Yang menarik dari Desa Wae Rebo, pemandangan desa dan alam yang sangat menarik. Pemandangan alam perbukitan dan hutan hijau yang masih asri, dan yang menjadi ikon ialah rumah adat Desa Wae Rebo yaitu Mbaru Niang, adalah sebuah rumah adat tradisional Flores yang masih tersisa dan hanya berada di kampung ini.

Desa ini berpenghuni 112 kepala keluarga atau sekitar 625 jiwa. selain keinginan para wisatawan mengenai Mbaru Niang, suasana Wae Rebo yang terisolir dari keramaian menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Kearifan lokal masyarakat pedalaman yang masih bergantung dari alam ini juga merupakan suguhan tersendiri ketika berkunjung ke Wae Rebo “kampung diatas Awan” begirulah masyarakat menyebutnya. Dan salah satu kearifan lokal yang masih bertahan sampai sekarang adalah menjaga kelestarian Mbaru Niang, Di Wae Rebo sendiri hanya boleh ada tujuh buah Mbaru Niang tidak kurang dan tidak lebih. Satu rumah Mbaru Niang bisa ditempati enam sampai delapan keluarga. Sisa masyarakat yang tidak tertampung di Wae Rebo harus pindah ke kampung Kombo, sebuah kampung yang terletak kira-kira lima kilometer dari Wae Rebo yang kemudian mendapat julukan kampung kembaran Wae Rebo karena sebagian besar penduduk kampung Kombo berasal dari Wae Rebo.

Desa Wae Rebo

Perjalanan menuju Desa Wae Rebo ini buakanlah hal yang mudah yang bisa anda dapatkan. Karena medan uang di tempuh kesana sangat melelahkan dan itu lakukan dengan berjalan kaki atau trekking menuju keketinggian 1200 mdpl. dan perjalanan itu menuju kesana naik turun bukit dan lembah, menembus hutan untuk sampai ke Wae Rebo, bagi anda yang kurang memiliki fisik yang kuat dan prima, seharusnya berlatih terlabih dahulu untuk menddatangi desa Di atas Awan.

Mungkin Anda Menyukai