Danau Tolire

Danau Tolire

Danau Tolire

Danau Tolire adalah sebuah danau yang terletak Ternate, Maluku Utara. Danau ini berjarak 10 km dari pusat kota Ternate, Kota Ternate merupakan kota dengan kondisi topografi sebagian besar berupa gunung dan perbukitan yang terdiri atas pulau vulkanis dan pulau karang.

Dipulau ini terdapat dua danau yaitu Danau Tolire Besar dan Tolire Kecil yang juga berada di bawah Gunung Gamalama, Gunung berapi tertinggi di Maluku Utara. Danau Tolire besar ini mempunyai keunikan tersendiri, Danau ini menyerupai loyang raksasa dari atas hingga permukaan air danau dengan kedalaman sekitar 50 meter dan luas 5 hektare dengan kedalaman danau itu sendiri sampai sekarang belum diketahui.

Dalam danau air danau Tolire besar ini banyak terdapat berbagai macam ikan, namun warga setempat tidak ada yang berani untuk menangkap apalagi mengkonsumsi ikan dari danau tersebut, dan sampai sekarang masyarakat setempat juga tidak ada yang berani untuk mandi di danau ini disebabkan diyakini terdapat buaya siluman yang bisa menyerang siapa saja yang mandi di danau ini.Danau Tolire

Sejarah menenai keberadaan danau ini menurut cerita masyarakat dan legenda setempat, dahulu tepat di tengah danau ini berdiri sebuah kampung, namun kampung tersebut mengalami musibah akibat dosa yang dilakukan oleh seorang ayah terhadap anak perempuan, dan kampung ini pun dikutuk terkubur dalam sebuah danau yang sekarang ini diyakini sebagai danau Tolire Besar melambangkan Si Ayah dan danau Tolire kecil untuk anak gadisnya.

Selain ada itu ada satu lagi keunikan dari Danau ini, dan cukup menarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Keunikan yang terdapat di danau ini adalah apabila anda melempar batu kedalam danau, batu yang anda lepar tersebut tidak pernah mengenai permukaan air danau tersebut, walaupun anda sudah melempar dengan sekuat tenaga. masayarakat disini percaya apabila anda berhasil melempar batu dan mengenai permukaan air anda akan cepat untuk menunaikan ibadah haji bagi yang muslim.

Danau Tolire

Lepas dari cerita dan legenda yang tersebar di masyarakat, Danau Tolire Besar dan Kecil menghadirkan sebuah pemandangan beda dari pulau Ternate…Mari para travelers jejakan kaki anda di tanah ternate dan nikmati segala pemandangan alam yang bisa anda dapat kan disini…

Mungkin Anda Menyukai