Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin – Kalimantan Timur terkenal dengan beberapa wisatanya, namun ada salah satu yang cukup menarik perhatian yaitu Danau Labuan Cermin. Danau ini sebuah danau yang memiliki air yang sangat jernih kebiruan bagaikan kaca, dan yang paling unik dari danau ini adalah danau ini mempunyai dua rasa yaitu tawar dan asin yang air tawar berada lapisan atas dan asin berada dilapisan bawah dan kedua rasa ini tidak bercampur sama sekali.

Secara administratif danau ini berada di kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur. Bagi anda yang ingin mencapai daerah ini mungkin akan mengalami perjalanan yang melelahkan namun akan terpuaskan dengan pemandangan dari Danau labuan Cermin. Perjalanan di mulai dari Kabupaten Berau kemudian menuju tanjug redep, dilanjutkan menuju Kecamatan Biduk-biduk, waktu yang di tempuh adalah 6-7 jam, setelah sampai di Kecamatan Biduk-biduk sudah banyak terdapat penunjuk arah meuju Danau Labuan Cermin.

Bagi anda yang ingin berlibur ke Danau ini disarankan menggunakan jasa agen wisata, karena para agen wisata lebih mengetahui jalur tercepat, walaupun dengan konsekuensi membayar mahal.

Danau Labuan Cermin memang unik karena memiliki warna air yang sangat jernih dan memiliki dua rasa yaitu tawar dan asin serta biota air yang hidup didalamnya pun juga ada jenis sesuai dengan rasa air yang ada di dalam danau tersebut yaitu biota air tawar dan air laut, sungguh merupakan suatu fenomena yang sangat menggagumkan dari alam Danau Labuan cermin. Selain keindahan airnya yang sangat jernih, pemandangan alami yang bisa dinikmati adalah pemandangan hutan tropis yang masih sangat alami berpadu dengan sekeliling danau tersebut. Kegiatan yang bisa anda lakukan disini anda bisa melakukan hiking, Snorkling dan bagi anda yang ingin bermalam bisa mendapatkan dengan harga yang sangat terjangkau mulia dari harga Rp 100 ribu per malam sampai dengan 300 ribu permalam.

Dengan melihat potensi yang sangat baik untuk pengembangan pariwisata setempat, maka pemerintah Kabupaten Berau mengambil langkah awal yaitu menetapkan kawasan hutan disekitar Danau Labuan Cermin sebagai Kawasan konservasi atau Kawasan Lindung agar keasrian dan alaminya hutan tetap terjaga. Ini merupakan salah tindakan yang patut di apresiasi karena mendahulukan konservasi alam terlebih dahulu.

Mungkin Anda Menyukai