Daftar Pemandangan Indah Nepal

Daftar Pemandangan Indah Nepal

Tilicho Lake
Tilicho Lake

Daftar Tempat dengan Pemandangan indah di Nepal – Nepal dikenal dengan negara yang memiliki jumlah penduduk 26 jiwa dengan luas kawasan negaranya yang hanya 0.1% saja di bumi, namun terlepas dari itu negara ini memiliki aneka ragam hayati dan berlokasi di wilayah pegunungan himalaya, negara dengan 5 musim ini rupanya termasuk salah satu destinasi favorit wisatawan loh, hal ini karena banyaknya pemandangan – pemandangan indah di Negara kecil yang asri ini, apa saja lokasi wisata indah tersebut bisa anda ketahui dibawah ini ;

Tilicho Lake

Wisata alam di Nepal sangat menyenangkan dan ini terbukti dengan adanya Danau Tilicho yang termasuk di dalam danau paling tinggi di dunia. Dengan tinggi yang hampir mencapai 5.000 meter, danau yang lokasinya ada di Distrik Manang sekitar Annapurna Himalaya ini adalah obyek wisata yang pas untuk dikunjungi apabila tengah mendaki puncak Everest.

Bahkan danau ini diketahui menjadi situs yang diminati para pecinta aktivitas scuba diving sehingga danau ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang menyukai scuba diving.

Phewa Lake

Bila berkesempatan berkunjung ke kota Pokhara, ada pemandangan mengagumkan yang tidak boleh sampai dilewatkan, yaitu Danau Phewa yang pas untuk berlibur sekaligus mencari ketenangan. Tempat ini pun menjadi spot favorit bagi para wisatawan domestik dan mancanegara untuk hang out. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, silakan datang ke danau ini pada sore atau pagi hari sekalian. Di gunung dengan ukuran 5 kilometer persegi ini akan terlihat bayangan Gunung Machapuchre, Dhaulagiri, dan Annapurna jika cuaca sedang cerah.

Atraksi paling populer di area danau ini adalah Baidam yang dikenal sebagai tepi danau dan di area ini ada banyak toko souvenir, toko buku, penginapan hingga rumah makan yang pastinya seru bila dikunjungi oleh para turis yang ingin berbelanja atau wisata kuliner. Tal Barahi Temple adalah sebuah bangunan yang berada di tengah danau dan menjadi monumen religi paling penting di Pokhara. Pagoda yang memiliki dua tingkat ini didedikasikan untuk salah satu dewa Hindu yang kita ketahui bernama Wisnu.

Boudhanath

Berkunjung ke Nepal, jangan lupa untuk datang ke Boudhanath yang berlokasi di Kathmandu. Stupa paling besar yang ada di Nepal dan di Asia ini rupanya sudah termasuk menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1979. Bila dari Kathmandu, pengunjung bisa menuju ke sisi selatan sejauh 7 kilometer dan stupa yang dianggap sebagai pusat Buddhisme Tibet ini bisa ditemukan. Ketika menginjakkan kaki ke area stupa, ada nuansa spiritual yang bisa dirasakan oleh para pengunjung sebab akan ada banyak biksu yang berasal dari Tibet berkeliling sambil membaca mantra atau melakukan tawaf. Di kompeks yang sama, wisatawan bisa bersantai di sebuah rumah makan dengan gaya rooftop untuk mengicipi teh masala.

Pashupatinath

Berjalan-jalan di Nepal belum lengkap bila belum menyambangi kuil yang mempunyai pagoda dengan dua atap ini. Ada terdapat jalan sempit yang ditemukan di bagian dalam pagoda di mana jalan itu menggiring pengunjung menuju tempat suci yang bisa membuat Anda bisa melihat Shivalinga dari jarak dekat. Tidak hanya itu, pada sisi pagoda terlihat adanya simbol yang menghiasi dan diketahui terbuat dari tinta emas.

Hiasan artistik pun juga dapat Anda lihat di setiap pintu kuil, terutama di kedua sisinya di mana terdapat gambar sejumlah dewa-dewi, seperti Ashtha Bhairava dan Apsaras berikut yang lainnya. Lukisan tersebut dibuat dengan tinta emas sehingga saat melihatnya ada kesan megah nan mewah yang disuguhkan oleh kuil ini. Fungsi dari kuil ini pun diketahui adalah sebagai tempat membakar jenazah agama Hindu dan sampai saat ini pun masih sering digunakan. Dari semua kuil Shiva yang terdapat di Nepal, kuil ini adalah yang tersakral.

Garden of Dreams

Wisatawan mungkin tahu akan istana Kaiser Mahal, dan Garden of Dreams ini menjadi salah satu bagian dari istana yang pembangunannya dilakukan di tahun 1895. Taman ini dulunya tidak seindah sekarang; namun berkat peran keturunan Kaiser-lah, taman ini menjadi kelihatan lebih menarik. Alasan mengapa para wisatawan perlu datang ke tempat ini adalah adanya paviliun ansambel yang dipercantik dengan kehadiran air mancur di bagian tengah.

Berlibur seru dan menenangkan bisa didapat dengan mengunjungi tempat ini pada sore hari. Gunakan waktu Anda untuk bersantai sambil membaca buku favorit dan menikmati pemandangan burung merpati di area ini. Masih di dalam kompleks Garden of Dreams, ada sejumlah rumah makan yang dibangun ala Eropa yang akan memuaskan hasrat berkuliner Anda.

Pengunjung mancanegara dikenakan biaya masuk sebesar Rs 200 atau sekitar Rp 39 ribu.
Pengunjung yang juga merupakan warga Nepal dikenakan biaya masuk sebesar Rs 100 atau sekitar Rp 20 ribu.

Swayambhunath

Dari pusat kota Kathmandu, ada sebuah bangunan arsitektur kuno yang dinamakan Swayambhunath. Agar dapat menjangkau tempat ini, wisatawan dapat menyusuri kuil pada sisi timurnya, namun bersiaplah untuk menempa fisik sebab ada 365 buah anak tangga curam yang harus dinaiki lebih dulu. Atau, sebetulnya Anda juga bisa memakai taksi dan memilih jalan kaki ke puncak dari sebelah barat kuil.

Bila melihat dengan jeli, ketika melalui sepanjang tangga Anda akan menemukan banyak batu yang terdapat mantra Tibet tertulis di sana. Di tempat ini, khususnya pada setiap area stupa, ada segerombolan kera liar yang berjalan atau melompat ke sana-sini yang juga akan menangkap perhatian Anda secara otomatis. Hal paling spesial di Swayambhunath adalah pemandangan kota Kathmandu yang bisa disaksikan dari stupa.

Durbar Square

Dikenal sebagai sebuah area atau plaza, tempat ini merupakan obyek wisata yang tidak boleh dilewatkan begitu saja karena dianggap sebagai ikon kota Kathmandu. Di Durbar Square inilah, ada banyak air mancur, patung dewa dan dewi, serta kuil yang bisa dikunjungi bila masih belum puas berwisata kuil.

Keunikan dari lokasi ini adalah begitu banyaknya gedung-gedung megah dan keren yang seolah menunjukkan masa kejayaan kerajaan Kathmandu di masa lampau sehingga banyak para wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini untuk melihat keunikan yang berada di tempat durbar square.

Taman Nasional Chitwan

Sebagai salah satu dari Situs Warisan Dunia yang ditetapkan UNESCO di tahun 1984, taman nasional ini adalah yang pertama dibangun di Nepal dan pendiriannya adalah pada tahun 1973. Berdiri di lahan dengan luas 932 kilometer persegi, tempat wisata yang dapat dijangkau hanya dengan memakan waktu 4-6 jam dengan mengendarai bus dari kota Pokhara atau Kathmandu ini termasuk destinasi wisata favorit di Nepal. Beragam aktivitas dan atraksi bisa dinikmati di taman nasional ini, seperti misalnya trekking, jeep tour ke hutan, naik gajah, kano dan boat, dan masih ada yang lainnya.

Pengunjung dikenakan 1,500 rps atau sekitar Rp 294 ribu untuk biaya masuknya.
Harga tersebut belum termasuk segala atraksi dan tur yang ditawarkan di area taman nasional ini.
Taman Nasional Chitwan senantiasa menerima pengunjung karena memang pelayanan dibuka sepanjang tahun.

Mungkin Anda Menyukai