Daftar Pemandangan Indah Indonesia 2

Daftar Pemandangan Indah Indonesia 2 – Banyak orang Indonesia berlomba-lomba untuk pergi berwisata atau berlibur keluar negeri, padahal tanpa disadari sebenarnya Indonesia sendiri sangat kaya dengan tempat wisata dan keindahan alamnya. Mulai dari gunung, danau, pantai, hingga keindahan kota ditawarkan oleh negara tropis ini.

Terkadang banyak keindahan alam yang terlewatkan untuk dinikmati. Hijaunya pepohonan hingga birunya laut menghiasi keindahan alam mulai dari sabang sampai merauke. Untuk itu, cobalah untuk mengunjungi berbagai tempat di Indonesia dan nikmati kekayaan alam yang dapat membawa energi dan aura positip.

Pemandangan yang ditawarkan tentunya akan membuat kita benar-benar mengaguminya. Beberapa diantanya adalah :

1. Kepulauan Derawan
Kepulauan Derawan

Saking indahnya, Kepulauan Derawan juga sering disebut sebagai Maldives-nya Indonesia. Kepulauan Derawan terletak di Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Berau. Air laut yang mengelilingi Kepulauan Derawan sangat biru hingga nyaris tembus cahaya. Selain warna air laut biru toska seperti di Maldives, keindahan yang ditawarkan oleh Derawan adalah keanekaragaman terumbu karang. Terkait dengan keberadaan terumbu karang, Kepuluan Derawan memiliki lebih dari 53 persen keanekaragaman koral dunia yang akan menyihir mata para penyelam.

2. Pulau Bintan
Pulau Bintan

Pemandangan Terindah di Indonesia selanjutnya adalah pulau bintan. Pulau Bintan disebut juga sebagai Negeri Segantang Lada. Pulau ini merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau yang dekat dengan Singapura serta Malaysia.

Selain memiliki potensi wisata pantai yang sayang untuk dilewatkan oleh para pelancong, Pulau Bintan juga memiliki kolam renang terbesar se-Asia Tenggara yang lebih mirip seperti pantai buatan. Luas dari kolam renang raksasa ini adalah 6,3 hektar dan bagian tepinya didesain landai seperti pasir pantai.

3. Pulau Belitung
Pulau Belitung

Pulau Belitung mulai terkenal sejak diangkat sebagai latar belakang dalam novel popular karya Andrea Hirata yaitu Laskar Pelangi. Usut punya usut, keindahan Pulau Belitung ternyata bukan karangan belaka.

Pulau Belitung terletak di lepas timur Pulau Sumatera. Potensi keindahan wisata di pulau ini terutama berwujud pantai-pantai yang memikat mata. Siapa pun pasti akan takjub dengan pemandangan menakjubkan di Pulau Belitung.

4. Taman Nasional Bunaken
Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken adalah sebuah taman laut yang secara administratif terletak di wilayah Provinsi Sulawesi Utara. Taman Nasional Bunaken terkenal di kalangan para pecinta selam dan telah menjadi salah satu titik penyelaman terbaik di dunia.

Taman Nasional Bunaken tidak hanya menyimpan kekayaan hayati berupa ikan-ikan yang beraneka warna, melainkan juga merupakan tempat hidup dari ratusan jenis terumbu karang yang sangat memesona.

5. Danau Gunung Tujuh
Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh adalah danau yang indah dan unik di Indonesia. danau ini merupakan danau vulkanik nan menawan yang tercipta karena proses letusan gunung api yaitu Gunung Tujuh di Kabupaten Kerinci. Danau Gunung Tujuh mengaliri beberapa sungai di Jambi, salah satu alirannya bermuara di Sungai Batanghari.
Danau ini berada di puncak Gunung Tujuh dan menjadi salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara dengan luas sekitar 960 hektar, panjang 4,5 km, serta lebar 3 km. Ketinggian danau tersebut sekitar 1,950 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Gunung Tujuh masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.
Karena letaknya di atas gunung, menjadikan suasana danau masih asri dan alami. Udara segar, panorama hijau, dan air danau yang jernih menyuguhkan keindahan yang mampu membuat kamu betah untuk berlama-lama menikmati pemandangannya karena cocok sebagai tempat melepas penat dan bersantai. Keindahan Danau dilengkapi oleh barisan hamparan tujuh gunung yang mengelilinginya. Pada beberapa titik di pinggir danau terbentang pasir yang menyerupai pantai.

6. Kawah Ijen
Kawah Ijen

Blue fire atau kobaran api biru Kawah Ijen Banyuwangi, Jawa Timur merupakan fenomena langka yang hanya ada dua di dunia. Selain hanya ada di Kawah Ijen Banyuwangi, fenomena api biru ini terdapat di Islandia. Fenomena langka blue fire ini tentu saja hanya bisa dilihat saat malam. Para pendaki pasti akan rela untuk mendaki disaat dini hari. Biasanya para pendaki memulai pendakian menuju Kawah Ijen sejak pukul 01.00 WIB pagi. Saat weekend, kunjungan para pendaki ke Kawah Ijen meningkat sekitar 3.500 hingga 4.000 orang. Bahkan kini Taman Wisata Alam Gunung Ijen , Banyuwangi, Jawa Timur ini sudah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

7. Carstensz Pyramid
Carstensz Pyramid

Puncak tertinggi di gunung tertinggi di Indonesia terletak di bumi Papua, yakni Pucak Jayawijaya atau Carstensz Pyramid. Puncak tertinggi ini memiliki ketinggian 4884 mdpl atau setara dengan 16.023 kaki. Karena berada di ketinggian hampir 5ribu mdpl maka di sekeliling puncak Carstensz diselimuti oleh es atau gletser. Hal ini menjadikan tempat tersebut satu-satunya tempat di iklim tropis yang diselimuti oleh es.
Indonesia yang memiliki banyak sekali gunung dianugerahi beribu macam kekayaan yang sudah ada sejak gunung itu ada. Puncak Jaya merupakan salah satu dari 7 puncak tertinggi di bumi atau sering orang menyebutnya “The seven summits”.
Puncak tertinggi Indonesia ini beberapa kali berganti nama mulai dari Puncak Soekarno, kemudian Puncak Jaya, Nemangkawi, Puncak Jayadikesuma, Ndugundugu. Namun, Carstensz Pyramid menjadi julukan yang paling populer.

 

Baca juga :

Mungkin Anda Menyukai