Colorado Plateau Grand Canyon

Colorado Plateau Grand Canyon

Colorado Plateau Grand Canyon

Colorado Plateau Grand Canyon –  Adalah sebuah ngarai tebing – terjal, diukir oleh sungai colorado, di utara Arizona. Ngarai ini merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia dan sebagia nbesar berada di taman nasional grand canyon. Salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat, Presiden Theodore Roosevelt merupakan salah satu pendukung utama wilayah Grand Canyon. Mengunjunginya dalam beberapa kesempatan untuk berburu singa gunung dan menikmati pemandangan alam yang luar biasa.

Ngarai ini, diciptakan oleh Sungai Colorado memotong sebuah selat selama jutaan tahun, panjangnya kira-kira 446 km, dengan lebar mulai dari 6 sampai 29 km dan dengan kedalaman lebih dari 1.600 m. Hampir dari 2000 juta tahun sejarah Bumi telah terpotong oleh Sungai Colorado dan anak sungainya lapis demi lapis sedimen ketika Dataran Tinggi Colorado mulai terangkat.

Grand Canyon pertama kali dilihat oleh orang Eropa pada 1540, García López de Cárdenas dari Spanyol. Ekspedisi saintifik pertama ke canyon ini dipimpin oleh Mayor AS John Wesley Powell pada akhir 1870-an.

Powell menunjuk ke batuan sedimen yang terbuka di ngarai sebagai “daun dalam buku cerita agung”. Namun, jauh sebelum masa itu, wilayah ini telah ditinggali oleh Penduduk Asli Amerika yang membangun tempat tinggal di tembok ngarai ini.

Grand Canyon merupakan lembah sungai di Dataran Besar Colorado yang memperlihatkan susunan Proterozoikum serta Paleozoikum yang terangkat, serta pula salah satu dari 6 bagian fisiografi yang berbeda dari provinsi Dataran Besar Colorado.

Ngarai ini bukan ngarai terdalam di dunia. Tetapi, Grand Canyon diketahui dengan ukurannya yang luar biasa secara visual serta bentang alamnya yang rumit serta penuh corak. Secara geologis, ini berarti sebab urutan tebal batuan purba yang terpelihara dengan baik serta terpapar di bilik ngarai. Lapisan- lapisan batuan ini mencatat banyak sejarah geologis dini daratan.

Sekian Artikel yang telah kami buat seputar Colorado Plateau Grand Canyon. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian. Terima Kasih : )

Baca Artikel Menarik Lainnya : Wisata Terindah Pantai Parangtritis

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.