Chittorgarh Fort

Chittorgarh Fort

Chittorgarh Fort

Chittorgarh Fort merupakan benteng terbesar yang terletak di India dan terbaik di bagian Rajasthan yang dibangun diatas perbukitan seluas 2.8km2(1.1mil2) pada abad ke 7 masehi yang dibangun oleh raja Iwan Fals Rawal sebagai maskawin kepada putri Solanki.

akses ke salah satu benteng termegah di India ini merupakan sebuah jalan yang berkelok kelok ke arah benteng tersebut menuju ke semua pintu gerbang dan monumen yang terletak di dalam dinding benteng.

awalnya benteng ini terdapat 84 tempat penampungan air yang berfungsi menyerupai kolam dan sumur namun sekarang hanya tinggal 22 tempat penampungan yang masih dapat dipakai, konon dulunya tempat penampungan air ini cukup untuk digunakan 50.000 orang pasukan.

benteng Chittorgarh foth ini memiliki 7 gerbang yang masing – masing diberi nama pandan pol, bhairon pol, pol hanuman, ganesha pol, pol jodia, laxman dengan gerbang yang utama bernaman ram po yang disebut sebagai gerbang Raja Yama, sebuah jalan unik melingkari benteng ini dan menghubungkan semua sisi benteng ini.

benteng ini adalah salah satu bukti kemajuan arsitektur zaman dahulu dimana kedua buah menara yang sangat indah pada bagian atas gerbang yang dirancang sedemikian rupa untuk mempermudah para pemanah menembak anak panah saat benteng ini diserang, kemudian pintu gerbang juga sengaja di buat melengkung agar terlindung dari serangan gajah dan tembakan meriam musuh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.