Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Kawasan wisata ini pertama kali ditemukan oleh peneliti bernama Thomas Stamford Raffless pada tahun 1804, kawasan candi ini terletak pada ketinggian 1200 mdpl, Wisata Gedong Songo terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Terletak di lereng Gunung Ungaran membuat siapa saja yang datang ke sana akan takjub melihat keindahan alam.

Rute jalan menuju Gedong Songo bagi anda yang bertempat tinggal di Semarang Kota, anda hanya melalui jalan menuju Solo ataupun Jogja hingga menemukan POM Bensin Lemah Abang. Setelah menemukan Pom Bensin tersebut, anda akan melihat pertigaan. Ambil jalur kanan dengan cara lulur beberapa meter lalu putar balik kemudian belok kiri menuju jalur Badungan. Setelah beberapa menit di Jalur Badungan ada pertigaan lalu ambil jalur kanan hingga menemukan pertigaan lagi lalu ambil jalur kiri. Sampai di pertigaan POM Bensin Palbapang Sumowono terdapat pertigaan lalu ambil jalur kanan dan lurus sampai anda ke Candi Gedong Songo.

Rute Alternatif lain yang lebih mudah yaitu melalui Ambarawa. Dari terminal Ambarawa lalu lurus terus mengikuti jalan ke Semarang. Setelah 5 menit perjalanan, anda akan bertemu dengan pertigaan besar dimana jika anda ke kanan akan menuju Semarang jika ke kiri anda akan menuju ke Candi Gedong Songo.

Selama Anda berekreasi di kawasan ini anda bisa menikmati Candi-candi peninggalan Jaman Hindu yang berjumlah 9 namun sekarang hanya tersisa buah candi saja. Dari candi ke candi kita tidak akan merasakan lelah selama diperjalanan karena disuguhkan pemandangan alam dengan lereng gunung yang indah serta udara yang sejuk dan menyegarkan.

Jam operasional kawasan wisata ini, dibuka jam 06:00 dan tutup pada pukul 17:00, dengan harga tiket untuk wisatawan domestik Rp 6.000,-(Senin s/d Jumat) dan Rp 7.500,-(weekend & libur nasional), sedangkan untuk Wisatawan mancanegara Rp 35.000,-. Selain itu ada beberapa aktifitas wisata yang bisa anda lakukan disini yaitu :
. Trekking dari candi Gedong 1 hingga Gedong 5 sembari menikmati indahnya pemandangan hamparan hutan pinus yang hijau dan tertata rapi. Anda juga bisa menyewa kuda untuk mengitari candi dari candi pertama hingga terakhir dengan harga yang bervariatif tergantung berat badan, jarak tempuh dan hari berkunjung. Berikut kisaran harganya:
– Wisata Desa Rp. 25.000,-
– Sampai pemandian air panas Rp. 40.000,-
– Sampai candi Gedong dua Rp. 30.000,-
– Paket candi Songo Rp 50.000,-
. Di sekitar area wisata, terdapat area camping ground (area perkemahan) yang dapat dijadikan untuk mengadakan kegiatan camping.
. Menikmati hangatnya berendam di pemandian air panas yang mengandung belerang yang dipercaya secara klinis dapat mengobati penyakit kulit.
. Selain untuk kegiatan wisata, keindahan suasana alam Candi Gedong Songo sering dijadikan sebagai tempat untuk foto Pre Wedding.

Bagi anda yang ingin berwisata ke Candi Gedong Songo, periksalah kondisi kendaraan anda pakai untuk menuju kesana, karena tempat wisata ini berada di sisi gunung sehingga membutuhkan kendaraan yang normal (sehat kondisi mesin) mengingat rute menuju kesana berupa tanjakan,turunan,dan jalan yang berkelok-kelok. Jadi perhatikan keselamatan anda terlebih dahulu.

Mungkin Anda Menyukai