Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai
Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai – Kawasan wisata alam yang dikelola oleh PT. Inhutani I Unit I Balikpapan. Kawasan wisata ini terletak di Kabupaten Samboja, Kabupaten Kutai, Kalimantan Timur. Bukit Bangkirai dapat dicapai dengan perjalanan darat selama 1,5 jam dari kota Balikpapan.

Tur ini menawarkan pesona hutan hujan tropis yang masih alami, dan difasilitasi dengan beberapa infrastruktur seperti restoran, aula untuk pertemuan, kolam renang dan pondok hutan atau kabin. Di daerah ini ada jembatan kanopi sepanjang 64 m yang tergantung di 5 pohon Bangkirai pada ketinggian 30 m. Jembatan ini adalah editorial pertama di Indonesia, kedua di Asia dan yang kedelapan di dunia. Konstruksinya dibuat di Amerika Serikat.

Usia kanopi Bridge ini diharapkan mampu bertahan selama 15-20 tahun sesuai usia dan daya tahan material. Jika Anda ingin melakukan perjalanan ke Kanopi jembatan Anda akan masuk melalui jalan dengan hutan lebat di mana ada pohon-pohon rindang di dalamnya. disini anda akan menemukan banyak Pohon Bangkirai, yang bisa setua 150 tahun, setinggi 50 meter dan selebar 2,3 meter, mendominasi hutan.

Bukit Bangkirai juga kaya akan bunga anggrek alami yang tumbuh secara alami di pepohonan. Setidaknya ada 45 spesies anggrek yang ditemukan di kawasan ini, salah satunya adalah anggrek hitam yang telah menjadi maskot khusus Kalimantan Timur. Bahkan lebih unik, pengelola Gunung Bangkirai menawarkan program adopsi pohon kepada sponsor atau donor yang ingin menjadi “orang tua angkat” untuk pohon Bangkirai yang diinginkan. Ini bertujuan untuk menjaga integritas dan keberlanjutan hutan ini.

Naik ke jembatan membutuhkan upaya menanjak lagi menaiki tangga dan tidak disarankan bagi mereka yang takut akan ketinggian. Dari atas jembatan kayu ini anda akan menyaksikan keindahan dari hutan bangkirai, dan merupakan tempat yang cocok pula untuk melakukan pengamatan terhadap hewan-hewan hutan yang berada di wilayah ini, menikmati alam liar. 1.500 hektar hutan hujan tropis menawarkan udara segar dan suara burung yang hidup serta hewan hutan lainnya lebih dari 113 spesies burung, monyet liar ekor panjang, ungang borne müller, kera ekor babi, tupai terbang dan rusa sambar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.