Benteng Talukko

Benteng Talukko

Benteng Talukko

Ketika Malaka jatuh ke tangan Portugis, Alfonso d ‘Albuquerque memerintahkan Francisco Serrao untuk berlayar ke timur untuk menemukan ramuan lokal. Francisco Serrao akhirnya mendarat di Ternate pada tahun 1512 dan era perdagangan rempah-rempah Portugis dimulai di Maluku. Francisco Serrao memutuskan untuk menetap di Ternate. Dia juga menikahi seorang wanita Jawa dan membangun sebuah benteng.

Salah satu benteng yang dibangun oleh Francisco Serrao adalah Fort St. Lucas pada tahun 1540. Benteng ini terletak di timur, menghadap ke Pulau Halmahera. Benteng ini juga terletak di utara Kesultanan Ternate, yang berfungsi untuk memantau pergerakan Kesultanan Ternate.

Benteng Talukko

 

Ketika Portugis mengundurkan diri dari Ternate yang dikirim oleh Sultan Babullah pada 1575, Belanda datang dan mengambil alih kastil ini. Benteng ini kemudian direnovasi pada 1610 oleh Pieter Both dan berganti nama menjadi Fort Hollandia. Kemudian setelah jatuh ke tangan Kesultanan Ternate, benteng itu kemudian berganti nama menjadi Benteng Tolukko, yang menurut beberapa akun, mengambil nama penguasa Ternate bernama Kaicil Tolukko.

Benteng ini terletak di atas bukit, sehingga diposisikan untuk mengawasi lalu lintas perdagangan di selat antara Ternate, Halmahera dan Tidore. Selain itu, Kesultanan Ternate juga dapat dengan mudah dikendalikan dari benteng ini. Kastil ini berbentuk unik, asimetris karena mengikuti kontur bukit di sana. Cenderung bentuk bulat dengan dua bastion di depan dan koridor sepanjang sekitar 20 meter ke belakang benteng kedua. Jika dilihat dari atas, bentuk benteng mirip dengan alat kelamin laki-laki.

Benteng Talukko

Selain memiliki Sejarah yang panjang, ternyata benteng menpunyai keindahan Seperti benteng-benteng di Maluku pada umumnya yang terletak di daratan tinggi dekat pantai. Tujuannya sudah pasti mengawasi pergerakan kapal-kapal laut di wilayah laut sekitarnya dan pastinya kapal-kapal musuh pada jaman itu. Benteng ini menjadi tempat hunting buat pencinta foto atau berselfi ria, karena pemandangan yang di suguhkan memang indah. berkunjung atau berwisata tanpa mengabadikan moment dan tempat adalah sesuatu yang sia-siakan guy’s…itulah keindahan dari Benteng Talukko. Mari mengenal Bangunan-bangunan bersejarah di daerah anda.

Mungkin Anda Menyukai