Air Terjun Kerta Gangga

Air Terjun Kerta Gangga – Lombok Nusa Tenggara Barat terkenal bukan hanya keindahan pantai saja. Ada salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Lombok yaitu Air Terjun Kerta Gangga, bagi wisatawan yang menghabiskan liburannya di Lombok pasti menyempatkan diri untuk berkunjung ke tempat wisata ini.

Tempat wisata ini mempunyai keunggulan yaitu terdapat 3 buah lokasi air terjun dnegan ketinggian antara 35 – 40 meter, tentunya akan menghadirkan pemandangan yang indah dari ketiga air terjun ini. Panorama alan disekitar air terjun begitu indah, kita akan disuguhkan dengan persawahan yang luas disekitarnya selain itu wisatawan akan juga menikmati suasana pedesaan di Desa Kertaharja.

Air Terjun Kerta Gangga

Air Terjun Pertama
Letih yang disebabkan penitian anak tangga yang cukup banyak akan terbayar oleh keindahan air terjun pertama. Selain kesejukan dan keindahan air terjun pengunjung juga akan dimanjakan oleh pemandangan yang memesona dari arah timur: ada persawahan bagai lukisan dikelilingi bukit dari sisi kiri dan kanan, kemudian ada hamparan biru laut Jawa.
Jika cuaca tidak berkabut, dari sini kita juga bisa melihat tiga gili. Air terjun pertama ini cukup tinggi dan memiliki kemiringan sekitar 45 derajat sehingga memungkinkan Anda mendaki sampai puncak air terjun tanpa alat bantu pendakian. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mendokumentasikan keindahan air terjun dari berbagai angle yang diinginkan baik dari sisi bawah, samping bahkan sisi atas air terjun. Kolam air terjun pertama sangat dangkal sehingga aman untuk anak-anak bahkan balita sekalipun.

Air Terjun Dua
Untuk bisa menikmati keindahan air terjun kedua, tidak mememerlukan tenaga yang banyak. Lokasinya hanya beberapa meter di belakang air terjun pertama. Cukup dengan menyeberangi kolam air terjun pertama dan sedikit berjalan di bawah tebing bebatuan. Anda sudah sampai di lorong berjembatan berbahan besi dengan pegangan besi di sisi kanan dan palang pengaman dari bambu di sisi kiri. Air terjun kedua seolah berada di dalam gua karena dikelilingi tebing bebatuan yang curam. Hanya ada celah tebing selebar kurang lebih dua meter sebagai pintu masuk. Kolamnya cukup dalam dan cukup menantang. Kerena lokasinya yang tersembunyi inilah air terjun denga ini disebut juga Hidden Pool. Agar bisa menikmati pijatan air terjun kedua, Anda harus berenang menyeberangi kolam kurang lebih sejauh 10 meter.

Air Terjun Tiga
Air terjun yang satu ini sering kali tak tekunjungi oleh wisatawan karena lokasinya yang cukup jauh dari air terjun I & II. Untuk mencapainya kita harus turun dahulu dari air terjun Pera\tama & Dua. Kemudian berjalan memutar melintasi persawahan dan berjalan menurun. Sebenarnya air terjun Tiga merupakan terusan aliran dari air terjun Dua.

Air Terjun Kerta Gangga

Berjarak sekitar 42 km arah utara dari kota Mataram dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam saja, atau kurang lebih 7 km dari pusat pemerintahan Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Rute perjalanan sebagai berikut Mataram- Pemenang-Tanjung-Gondang-Lendang Bagian-Penjor-Kertaraharja.

Anda bisa menyewa mobil atau motor untuk menuju ke lokasi ini. harga sewa motor sekitar Rp 50.000 per hari dan untuk mobil sekitar Rp 600.000,- per 10 jam. Untuk fasilitas mungkin belum memadahi karena belum dikelola secara optimal, bagi anda yang ingin menginap sebaiknya mencari di kota mataram atau pantai senggigi.

Mungkin Anda Menyukai